_
Home / Fokus Redaksi / Poldasu Akan Tindak Perusahaan Sengaja Bakar Hutan
WOL Photo

Poldasu Akan Tindak Perusahaan Sengaja Bakar Hutan

MEDAN, Waspada.co.id – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) akan memproses direksi perusahaan pemilik lahan yang terbakar. Kemudian, izin lokasi atau HGU juga akan diperiksa.

Demikian pernyataan itu disampaikan Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, usai Rapat Koordinasi Karhutla di Kantor Gubernur, Jumat (20/9).

Dikatakan, Polda Sumut akan melihat buktinya. Jika ada perintah untuk membakar, maka akan dilakukan proses. Jika tidak, pihaknya akan melakukan penahanan.

“Supaya mereka bertanggung jawab. Jangan nanti ada wilayah HGU, yang dikorbankan karyawan dan warga setempat,” tegas Jenderal Bintang Satu tersebut.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menuturkan sepanjang September, tercatat ada 83 hotspot atau titik panas tersebar di 19 kabupaten dan kota di Sumut.

Bahkan, dalam 3 hari terakhir, masih tersisa 8 hotspot lagi yang tersebar di Asahan, Dairi, Humbang Hasundutan, Labuhan Batu, Padang Lawas Utara, dan Tapanuli Tengah.

“Di antara daerah-daerah itu, Dairi dan Labuhan Batu Selatan (Labusel) yang paling parah terpapar asap. Untuk itu segera siapkan masker untuk rakyat khususnya di wilayah Labusel yang asap sudah mulai tebal di sana,” pesan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Untuk mengantisipasi agar Karhultra tidak terjadi di Sumut, Edy menegaskan Pemprov Sumut bersama pihak kepolisian sepakat mencabut izin perusahaan yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Kita akan lakukan tindakan tegas sampai ke tingkat pencabutan izin kalau itu benar-benar dilakukan suatu perusahaan yang lalai. Saya minta bupati dan wali kota di Sumatera Utara untuk menginventarisasi usaha perkebunan yang tidak menggunakan lahannya. Jika terbukti, izin usahanya terancam dicabut,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Dubes RI Untuk Iran dan Maroko Datang Guna Promosikan Wisata Kota Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Jelang kedatangan Duta Besar (Dubes) RI untuk Iran Oktavino Alimuddin dan Dubes ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.