Home / Fokus Redaksi / Polda Sumut: Kasus Pengantin Naik Helikopter Murni Kesalahan Pilot
WOL Photo/Lihavez SA
WOL Photo/Lihavez SA

Polda Sumut: Kasus Pengantin Naik Helikopter Murni Kesalahan Pilot

MEDAN, WOL – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara telah melakukan penyelidikan dan investigasi terhadap kasus pasangan pengantin Fihzan Widyatama Ginting dan Sartika Ayuningsih Sipahutar yang menaiki helikopter milik Mabes Polri yang ditempatkan di Makopoldasu.

Wakapoldasu, Brigjen Pol Agus Andrianto, Senin (5/3), mengungkapkan dari hasil penyelidikan dan invetigasi kasus pasangan pengantin naik heli Polri merupakan kesalahan pilot berinisal Iptu T dan Iptu W yang merupakan anggota Baharkam Mabes Polri.

“Jadi sebelum heli terbang Karo Ops Poldasu telah menanyakan kepada pilot mau pergi ke mana?. Kemudian sang pilot berkata akan melakukan pengecekan radio terhadap heli. Namun kenyataannya, heli digunakan membawa pengantin dan videonya viral di media sosial. Ini merupakan kesalahan pilot,” ungkpanya didampingi Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting.

Agus mengungkapkan sebelumnya orang tua pengantin berinisal E telah menyewa helikopter dari pihak swasta kepada agen (broker-red) untuk acara pernikahan putranya. Namun dikarenakan heli yang hendak disewa rusak, pihak broker akhirnya memilih heli milik Polri.

“Jadi orangtua pengantin telah memberikan uang sebesar Rp120 juta untuk menyewa helikopter milik swasta kepada agen untuk acara pernikahan. Karena kondisi heli yang disewa mendadak rusak oleh agen selanjutnya mencari alternatif pengganti menggunakan heli Polri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Agus, Polda Sumut tidak memberikan izin dalam penggunaan heli oleh warga sipil. Namun, oleh pilot karena kenal dengan pihak agen acara pernikahan akhirnya mau membawa terbang pasangan pengantin tersebut.

“Memang tidak ada izin dari Polda Sumut warga sipil naik heli milik Polri. Tetapi oleh pilot yang statusnya BKO dan anggota Baharkam Mabes Polri tetap membawa pasangan pengantin terbang,” ucapnya

Mantan Dir Reskrim Polda Sumut itu, menuturkan untuk kasus pasangan pengantin naik helikopter Polri telah diserahkan ke Mabes Polri. Mengingat pilot merupakan anggota Baharkam Polri dari Satuan Polisi Udara Mabes Polri.

“Karena yang memiliki kewenangan dalam pemberian izin menggunakan heli Polri merupakan Baharkam Mabes Polri, maka kasusnya kami serahkan ke ankumnya,” pungkas Agus. (wol/lvz/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Kasubbid Penmas Bid Humas Poldasu, AKBP MP Nainggolan (WOL Photo)

Polda Turunkan Status Sumut Siaga II

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumatera Utara secara resmi telah menurunkan status keamanan Provinsi Sumut dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.