Home / Medan / PN Medan Putuskan Kompol Fahrizal Jalani Perawatan di Rumah Sakit Jiwa
WOL Photo

PN Medan Putuskan Kompol Fahrizal Jalani Perawatan di Rumah Sakit Jiwa

MEDAN, Waspada.co.id – Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan hukuman bersalah terhadap Kompol Fahrizal karena melakukan tindak pembunuhan.

Namun, mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan itu tidak dibebankan hukuman penjara karena terbukti mengalami gangguan jiwa.

“Menyatakan terdakwa secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan kesatu Pasal 338 KUHP akan tetapi kepada terdakwa tidak dibebankan hukuman pidana,” ungkap Richard selaku Majelis Hakim PN Medan membacakan dakwaan putusan dihadapan JPU Randi Tambunan dan terdakwa, kemarin.

Dalam amar putusannya, majelis hakim juga memerintahkan agar terdakwa dikeluarkan dari tahanan dan dirawat di rumah sakit jiwa.

“Kepada terdakwa agar segera dikeluarkan dari rumah tahanan dan dirawat ke rumah sakit jiwa,” sebut Richard.

Putusan ini sama dengan tuntutan yang diajukan oleh JPU Randi Tambunan. Bahkan dalam pembelaannya, kuasa hukum terdakwa juga menyatakan sikap serupa.

“Jadi kami apresiasi putusan majelis hakim. Menurut kami majelis hakim mempertimbangkan fakta-fakta persidangan. Karena dari awal, klien kami ini memang mengalami gangguan jiwa termasuk saat dia melakukan penembakan itu,” sebut Julisman kuasa hukum terdakwa, Jumat (8/2).

Diketahui, Kompol Fahrizal didakwa melakukan pembunuhan karena menembak mati adik iparnya, Jumingan pada, 4 April 2018. Setelah melepaskan 6 tembakan yang tidak beruntun. Kemudian ia menyerahkan diri ke Polrestabes Medan.

Sementara itu, penasihat hukum menolak dakwaan dan menyatakan perwira menengah itu mengalami gangguan jiwa sejak 2014. Dia bahkan beberapa kali dibawa berobat ke Klinik Utama Bina Atma di Jalan HOS Cokroaminoto, Medan.

Sehingga, Fahrizal tidak dapat dikenakan dakwaan karena sudah mengalami gangguan kejiwaan akut atau skizofrenia paranoid tiga tahun sebelum peristiwa penembakan terjadi.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolrestabes Medan Potong Nasi Tumpeng Sambut Hari Pers Nasional

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, menggelar syukuran potong nasi tumpeng memperingati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: