Breaking News
Home / Medan / PLN Kitsbu Kembangkan CSR Produktif
WOL Photo
WOL Photo

PLN Kitsbu Kembangkan CSR Produktif

MEDAN, WOL – Sebagai langkah mendukung nawacita Presiden RI, Jokowi, soal pengentasan kemiskinan, PT PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (Kitsbu) kembangkan corporate social responsibilty (CSR) produktif.

Program yang digagas bersama dengan Psycology Vista ini merupakan langkah tepat untuk menekan angka pengangguran. Dan yang paling terpenting, kegiatan tersebut bisa menekan tingginya angka kejahatan dan maraknya peredaran narkoba.

Selain itu, PLN Kitsbu juga berkeinginan agar anak muda punya soft skill yang bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan. Bertempat di aula kantor Lurah Kenangan, Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deliserdang, sedikitnya ada 50-an anak muda yang dikategorikan usia produktif diberi pelatihan memperbaiki handphone maupun smartphone.

Ketua Panitia, Hardi Dido MPsi, mengatakan pelatihan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Psycology Vista terhadap kondisi sosial yang ada saat ini. Menurutnya, banyak anak muda jaman sekarang yang tak punya skill mumpuni untuk bertahan hidup.

Secara domisili, kawasan Perumnas Mandala dipilih karena kawasan tersebut merupakan pemukiman yang non profit. Artinya, tidak ada industri di kawasan itu. Sehingga tingkat konflik menjadi cukup tinggi. Membangun soft skill, katanya, sama juga dengan membangun Indonesia menjadi jaya ke depannya.

“Secara penghasilan, tak ada sumber yang bisa dijadikan pemasukan. Sebab tak ada industri di kawasan perumahaan. Nah dengan begitu, tingkat kerawanan gesekan besar terjadi. Makanya kita coba membangun sistem ekonomi kerakyatan di tengah-tengah warga,” ungkapnya, Kamis (7/12).

Plt DM Hukum & Humas PLN Kitsbu, Christian Candra Sinulingga, mengatakan goal kegiatan tersebut adalah menjalin kedekatan antara warga dengan PLN. Sebab katanya, dengan begitu warga khususnya anak muda bisa punya sense of belongin (rasa memiliki) terhadap PLN.

Dia juga mengatakan pelatihan sangat berguna untuk mengasah kemampuan anak muda. “Pelatihan ini kita berikan untuk bekal di masa depan para anak-anak muda yang di kawasan Mandala agar bisa lepas dari tindak kejahatan, khususnya perngaruh narkoba,” sebutnya.

Pelatihan memperbaiki HP sangat mumpuni dilakukan jaman sekarang. “Bayangkan saja, hampir setiap detik orang tak bisa lepas dari smartphonenya. Itukan satu peluang besar yang bisa diambil,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat HIPMI Kabupaten Deliserdang, Amri Fahrizal Nasution, menyebut program tersebut adalah terobosan yang layak ditiru. Selain dapat mengentaskan kemiskinan, program tersebut juga dianggap mampu menekan angka kemiskinan. Dia juga berpesan agar usai pelatihan, para peserta jadi lebih rajin untuk mengasah kemampuannya.

“Dan yang terpenting sistem ekonomi kerakyatan bisa dibangun kembali dari awal. Sebab, sistem tersebut cukup imun jika dibandingkan dengan yang sekarang ini. Jangan lupa tetap asah skill dan kemampuan agar bisa survive. Gerusan arus global cukup besar, jika tak pandai dan berhati-hati, bisa terjerumus,” pungkasnya.

Di penghujung sambutan, Lurah Kenangan, Kecamatan Percut Seituan, Aminullah Pohan, mengaku sangat senang kawasannya bisa dijadikan lokasi pelatihan teknisi handphone. Menurutnya, kawasan Mandala sangat rawan terjadi konflik. Dia berharap peserta pelatihan teknisi HP ini bisa dijadikan sumber penghasilan tetap.

“Kalau sudah begaduh, sudahlah tak bisa bergerak. Bayangkan saja, rata-rata konflik disebabkan masalah finansial. Nah kalau sudah begitu kita semua yang jadi repot. Terus asah kemampuan untuk menjadi yang terbaik di negeri ini,” harapnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

PLN Salurkan CSR ke Kelompok Swadaya Masyarakat Sicanang

MEDAN, WOL – PT PLN Sektor Pembangkitan Belawan menyalurkan bantuan CSR ke Kelompok Swadaya Masyarakat Kartini, ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.