Breaking News
_
Home / Medan / Plh Wali Kota Ajak Masyarakat Budayakan Membaca
WOL Photo

Plh Wali Kota Ajak Masyarakat Budayakan Membaca

MEDAN, WOL – Ratusan pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMA mengikuti Gebyar Lomba Minat & Budaya Baca 2015 di halaman Kantor Perpustakaan Kota Medan Jalan Iskandar Muda Medan, Selasa (25/8).

Selain melatih para generasi muda untuk berkreatifitas dan memiliki keberanian dalam berkompetisi, perlombaan ini juga untuk mempromosikan Perpustakaan Kota Medan yang kini telah dilengkapi berbagai koleksi buku, fasilitas internet serta kafe perpustakaan.

Gebyar Lomba Minat & Budaya Baca 2015 ini dibuka Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis. Dia sangat mengapresiasi digelarnya perlombaan ini, sebab penuh dengan nilai-nilai positif bagi masyarakat Kota Medan sekaligus sebagai upaya bersama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurut Syaiful, minat baca merupakan faktor utama dalam meningkatkan kualitas masyarakat dalam segi pendidikan baik formal maupun informal. Indikator yang paling mudah untuk mengetahui tingginya minat baca dengan melihat jumlah buku-buku baru dan jumlah perpustakaan yang tersedia di Kota Medan.

Minat baca bilang Syaiful, masih menjadi masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini. Padahal telah banyak dilakukan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, sehingga ada korelasi antara faktor kemampuan membaca dengan minmta baca. Untuk itulah Syaiful mengajak seluruh masyarakat membiasakan budaya membaca.

“Sangat disayangkan apabila kemampuan membaca masyarakat tidak diikuti oleh kebiasaan membaca, sebab hal ini merupakan kegiatan multi manfaat,” kata Syaiful.

Atas dasar itulah mantan Kepala Bappeda Kota Medan ini mengingatkan, budaya membaca harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin, serta dilakukan secara komunikatif.

Penanganan budaya baca tidak cukup hanya oleh guru atau komunitas di sekolah, tetapi juga peran orang tua, masyarakat, lingkungan, pemerintah maupun lembaga swasta  merupakan faktor yang cukup penting.

Selanjutnya Syaiful mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta dan mengajak untuk menjadikan pelrombaan ini, sebagai uji kemampuan bagi para pelajar sesuai dengan materi lomba yang dipertandingkan. “Semoga anak-anakku semua menjadi generasi muda yang tangguh, cerdas dan berwawasan luas,” harapnya.

Gebyar Lomba Minat & Budaya Baca ini mempertandingkan 3 kategori perlombaan. Untuk tingkat SD, dipertandingkan lomba berserita rakyat Sumatera Utara. Selanjutnya untuk tingkat SMP, dipertandingkan lomba pidati bahasa Inggris berjudul Round The World By Reading Book. Sedangkan untuk  tingkat SMA, diperlombakan karya menulis ilmiah dengan tema “Kehadiran Internet Sebagai Saingan Koleksi Perpustakaan (buku) Sebagai Sumber Informasi & Pengetahuan”.

Kepala Kantor Perpustakaan kota Medan, Januari Pane sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan menjelaskan, tujuan perlombaan ini digelar dalam rangka mencipatakan anak-anak didik yang terampil sekaligus mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan. Di samping itu untuk mengajak masyarakat, terutama para pelajar untuk mengunjungi perpustakaan.

Selain berbagai koleksi buku, fasilitas internet dan ruang membaca anak, Januari mengatakan Perpustakaan Kota Medan juga telah dilengkapi kafe perpustakaan. Hal itu dilakukan semata-mata untuk mengajak masyarakat agar mau memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan dan informasi.(wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kunjungan Wisatawan ke Sumut Meningkat 19,71 Persen

MEDAN, Waspada.co.id –Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.