Breaking News
Home / Medan / PKK dan Dinas PMD Sumut Seleksi 13 Desa/Kelurahan
WOL Photo
WOL Photo

PKK dan Dinas PMD Sumut Seleksi 13 Desa/Kelurahan

MEDAN, WOL – Sejumlah 13 desa dan kelurahan se Sumatera Utara mengikuti seleksi lanjutan untuk dipilih, mewakili Sumatera Utara dalam lomba desa dan kelurahan tingkat nasional, Selasa (4/7).

Seleksi dilaksanakan di Kantor Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dikuti 13 desa/kelurahan mewakili delapan kabupaten dan lima kota se Sumut.

Ketua TP PKK, Hj Evi Diana Erry Nuradi, mengharapkan seleksi lanjutan yang digelar tersebut dapat benar-benar memilih desa dan kelurahan terbaik di Sumut, agar dapat mewakili Sumut di tingkat nasional.

Tidak seperti seleksi terdahulu, Evi meminta tim seleksi dapat bekerja dengan baik sehingga nantinya wakil Sumut di tingkat nasional benar-benar desa dan kelurahan yang terbaik.

Dijelaskan Evi, seleksi hari ini diikuti desa dan kelurahan yang telah berhasil lolos pada penilain tahap sebelumnya yang diikuti 33 kabupaten/kota.

“Pada hari ini kita akan mengikuti penilaian dan seleksi lanjutan untuk penentuan peringkat enam besar desa terbaik dan empat besar kelurahan terbaik,” ujarnya.

Melalui kegiatan perlombaan desa dan kelurahan, Evi Diana berharap penyelenggaraan pemerintah desa dan kelurahan senantiasa tanggap dengan aspirasi masyarakat.

“Demikian pula dengan gerakan PKK harus mampu mewarnai dalam setiap gerakan pembangunan desa dan kelurahan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi, dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara, H Aspan Sofian, mengatakan perlombaan desa dan kelurahan sangat penting karena merupakan sarana untuk menilai keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi terpadu dan berkelanjutan.

Rangkaian penilaian perlombaan desa dan kelurahan tingkat provinsi Sumatera Utara berupa penilaian administrasi, klarifikasi lapangan, pemaparan/ ekspos hasil klarifikasi lapangan, pemaparan calon jura lomba desa dan kelurahan, pemeringkatan juara.

Seleksi dilaksankan oleh PKK dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang diisi dengan pemaparan oleh Kepala Desa/lurah, Ketua TP PKK Desa/lurah dan Ketua LPM desa/lurah yang lolos seleksi sebelumnya.

Adapun daftar peserta penilaian dan seleksai lanjutan lomba desa dan kelurahan tahun 2017 adalah Desa Denai Lama Pantai labu, Desa pasar Baru Pasar 8 Kecamatan Hinai, Langkat, Desa Kutra Pinang Kecamatan Tebing Syahbandar, Serdang Bedagai, Desa Tanjung Maria Kecamatan Simangambat, Padang Lawas Utara, Desa Uku Mahuam Kecamatan Siangkitang, Labuhan Batu Selatan, Desa Ambarita Kecamatan Simanindo, Samosir dan Simpang Empat Kecamatan Merbau, Labuhan Batu Utara. Sedangkan untuk tingkat kota diikuti Kelurahan Karang BErombak Kecamatan Medan Barat, Medan, Kelurahan Tanah Seribu Kecamatan Binjai Selatan, Binjai, Kelurahan Lubuk Raya Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, Kelurahan Pancuran Dewa Kecamatan Sibolga Sambas, Sibolga dan Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai.(wol/rdn)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

(Foto: Antara)

Inilah Rute Perjalanan Presiden Ngunduh Mantu

MEDAN, WOL – Tim pengamanan terus melakukan sterilisasi jelang prosesi ngunduh mantu Presiden RI, Joko ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.