Home / Medan / Pesan Sofyan Tan Kepada Petani Buah
WOL Photo/Eko Kurniawan

Pesan Sofyan Tan Kepada Petani Buah

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dr Sofyan Tan mengingatkan agar petani buah jangan lagi mengkonversi lahannya untuk tanaman sawit.

“Karena ke depannya, petani-petani bisa lebih sejahtera hidupnya melalui pengembangan buah unggulan nusantara melalui revolusi oranye.” tutur Sofyan Tan dalam sambutannya di Pelatihan yang diadakan Kemenristekdikti dan Pusat Kajian Hortikultura Tropika di Medan, Minggu (19/8).

Pelatihan oleh Kemenristekdikti dan Pusat Kajian Hortikultura Tropika – LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB) ini diikuti 100 petani buah dan sayuran dari Deliserdang. Setiap peserta akan diberikan bibit buah nusantara ungulan yakni alpukat, durian dan jambu kristal.

“Para peneliti dari IPB juga memberikan pembekalan dan pelatihan bagaimana bisa mengembangkan dan memproduksi bibit buah unggulan tersebut agar dapat menjadi buah produksi yang sangat menguntungkan,” jelasnya.

Sofyan Tan juga mengungkap kondisi permasalahan sebelumnya mengapa petani buah masih belum sejahtera. Berdasarkan data penelitian dan pengembangan pertanian yang pernah dirilis Bdan Pusat Statistik (BPS), ada pengurangan jumlah lahan pertanian buah dan produksi buah setiap tahunnya. Pada 2015 ke 2016 ada penurunan luas tanam pertanian buah dari 27.705 hektar menjadi 25.550 hektar dan berakibat menurunnya produktivitas buah dari 1.347.286 ton menjadi 1.143.362 ton.

“Penurunan ini terjadi karena petani banyak beralih tanam sawit dan karet coklat. Pohon buah yang memiliki kayu seperti durian dan manggis ditebangi untuk dijual,” jelas Sofyan Tan lagi.

Masalah lain adalah serbuan buah-buahan impor yang tinggi jumlahnya. Hingga awal 2018 pasokan buah impor di Sumut menjadi 51.092 ton naik 48,19% dibanding 2017 berjumlah 34.476 ton. Kalah dengan buah impor karena penampilan buahnya lebih bersih dan menarik.

“Kita mau lihat nanti begitu ini buah unggulan bagus hasilnya, dan bisa ditanam di sini (Sumut), Saya akan pakai dan beli bibit dari IPB dengan uang sendiri untuk bagi ke petani lain agar petani di sini makmur sejahtera,” pungkasnya. (wol/Eko/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Pengusaha Karaoke Harus Patuhi UU Hak Cipta

MEDAN, WOL – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya sosialisasi UU ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: