Home / Medan / Perwal MDTA Tarik Ulur di Kementerian Agama
Istimewa

Perwal MDTA Tarik Ulur di Kementerian Agama

MEDAN, WOL – Belum terbitnya Perwal Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliya (MDTA) yang merujuk pada Perda dimaksud disebabkan adanya tarik ulur di Kementerian Agama.

Hal itu diungkapkan Kasubag Perundang-undangan Bagian Hukum Pemko Medan, Joshua Sitompul, menjawab kegelisahan Fraksi PKS DPRD Medan selaku inisiator penerbitan perda dalam acara hari aspirasi dengan tema ‘Nasib Perda Keumatan di Kota Medan’ yang berlangsung kemarin.

“Sejak diundangkan pada 2014 lalu, Pemko Medan telah melakukan koordinasi dengan Kementrian Agama. Sampai saat ini, terkait Perda ini masih ada tarik ulur di Kementrian Agama. Padahal dari struktur perda sudah sangat bagus,” ungkapnya belum lama ini.

Lebih lanjut Joshua menjelaskan, kelanjutan dari pembahasan Perda MDTA ini, penanganan perda tersebut sudah berada di Bagian Sosial dan Pendidikan, Sekretariat Daerah Pemko Medan.

Sementara itu, perwakilan Al Washliyah Kota Medan, Ustadz Abdul Wahab, mengaku sangat senang dengan program yang digagas Fraksi PKS DPRD Medan ini.

“Program PKS ini sudah sangat mengingatkan kita, terkait MDTA ini. Kita pantas khawatir dengan belum terealisasinya petunjuk teknis karena bisa jadi anak-anak muslim nantinya tidak diterima karena alasan tidak memiliki ijazah MDTA,” sebutnya.

Pada berita sebelumnya, Penasehat Fraksi PKS DPRD Kota Medan, Salman Alfarisi Salman Alfarisi kecewa dengan kinerja Pemko Medan. Menurutnya waktu empat tahun untuk menyusun sebuah Perwal adalah bentuk kelalaian serius yang diperlihatkan Pemko Medan.

Salman juga memprediksi Pemko Medan akan sulit melaksanakan Perda tersebut meskipun hari ini juga Perwal yang dimaksud akan diterbitkan. Ia juga berharap jangan sampai kelalaian ini mengakibatkan anak-anak yang beragama Islam tidak bisa masuk ke sekolah negeri karena tidak memiliki ijazah MDTA.

“Saya mengharapkan Pemko Medan melakukan terobosan, sehingga proses pembuatan petunjuk teknis tidak saling melempar bola,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tiga Papan Reklame Bermasalah Kembali Ditumbangkan

MEDAN, Waspada.co.id – Satu persatu papan reklame bermasalah ditumbangkan. Kamis (20/9) dinihari sekitar pukul 01.30 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: