_
Home / Medan / Persoalan Internal Partai Demokrat Medan Akan Dibicarakan ke Pusat
WOL Photo

Persoalan Internal Partai Demokrat Medan Akan Dibicarakan ke Pusat

MEDAN, Waspada.co.id – Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Herri Zulkarnain Hutajulu, membenarkan adanya mosi tidak percaya dari 15 Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat Kota Medan terhadap Ketua DPC Partai Demokrat Kota Medan, Burhanuddin Sitepu.

“Kemarin mereka datang ke DPD menyampaikan mosi tidak percayanya kepada DPC PD Medan. Ada beberapa permintaan DPAC terhadap Ketua DPC Partai Demokrat Medan. Hal itu kita akomodir dengan menerimanya,” ungkap Herri, Jumat (13/9).

Menurutnya, hal itu merupakan hak prerogatif para pengurus. Untuk itu DPD Partai Demokrat Sumut akan membicarakannya terlebih dahulu dengan DPP di Jakarta. “Permintaan 15 DPAC akan disampaikan ke DPP dan nanti DPP yang akan memutuskan,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DPAC Partai Demokrat Medan Deli, H Khairuddin Salim, menegaskan Burhanuddin Sitepu belum layak diberi amanah sebagai ketua partai maupun Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Medan priode 2019-2024 mendatang. Sebab, selama menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Medan, yang bersangkutan telah banyak melanggar AD/ART partai.

“Selain melanggar AD/ART partai, Burhanuddin Sitepu tidak menjalankan amanah partai, tidak berkontribusi untuk partai, dan juga tidak memberikan SK pengangkatan DPAC hasil Munascab tahun 2017 lalu. Padahal sudah 2 tahun dilantik. Parahnya lagi, Burhanuddin Sitepu sering one man show. Sehingga pengurus DPC mayoritas tidak setuju dengan tindakan tersebut dan membuat ruang gerak DPAC terbatas,” bebernya.

Atas dasar itulah, mengingat suasana partai yang tidak kondusif di Medan, seluruh Ketua DPAC Partai Demokrat se-Kota Medan meminta DPP Partai Demokrat mengambil langkah bijak untuk melindungi partai.

“Masih ada yang lebih layak untuk menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Medan. Contohnya Dody Simangunsong. Berpendidikan, suara terbanyak saat pemilihan kemarin dan yang terpenting adalah tidak memiliki cacat di kepengurusan partai,” tambahnya.

Dari pertemuan yang dihadiri 15 Ketua DPAC Partai Demokrat Kota Medan, disepakati empat poin. Pertama Plt Ketua dan Sekretaris setuju untuk memberhentikan Ketua DPC PD Medan atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan yang tdk sesuai dengan AD/ART PD serta yang bersangkutan telah melanggar kode etik.

Kedua, DPD Partai Demokrat Sumut siap membawa permasalahan ini dan membantu DPAC yang telah membuat surat pernyataan sikap ini ke DPP Partai Demokrat. Plt Ketua dan Sekretaris DPD PD Sumut akan langsung berangkat besok ke DPP untk menyampaikan langsung ke pihak berwenang di DPP, agar ketua DPC Partai Demokrat Medan diberhentikan secara tidak hormat.

Poin ketiga tidak merekomendasi Burhanuddin Sitepu untuk menjadi Ketua Fraksi di DPRD Kota Medan. Dan poin keempat 15 DPAC Partai Demokrat Kota Medan secara tegas sudah menandatangani mosi tidak percaya kepada yang bersangkutan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

Iuran BPJS Kesehatan Mandiri Naik, Butong: Bakal Banyak Peserta Turun Kelas

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan, Surianto SH, menilai kebijakan pemerintah pusat menetapkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.