Home / Fokus Redaksi / Penyuap Bupati Batubara Dituntut 3 Tahun Penjara
WOL Photo

Penyuap Bupati Batubara Dituntut 3 Tahun Penjara

MEDAN, WOL – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi menuntut 3 tahun kurungan penjara denda Rp100 juta subsider 6 bulan terhadap dua terdakwa pelaku suap Saiful Azhar dan Maringan Situmorang pada sidang agenda tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Kamis (25/1).

Dalam amar tuntutannya, JPU Ikhsan Fernandi Z, menyatakan dan meyakinkan kedua terbukti menyuap Bupati Batubara (nonaktif) Ok Arya Zulkarnain untuk mendapatkan proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batubara Tahun 2017.

“Secara meyakinkan terdakwa Maringan Situmorang melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a, dan Syaiful Azhar Pasal 5 ayat (1) huruf b, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” ucapnya dipersidangan yang berlangsung di ruang Cakra I Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Selanjutnya, majelis hakim yang diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo, menutup persidangan dan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pembelaan kedua terdakwa (pledoi, red).

Usai persidangan, saat ditanyai lebih lanjut Ikhsan mengatakan bahwa keduanya telah mengajukan Justice Collaborate (JC) terhadap perkara Tipikor yang melibatkan Ok Arya Zulkarnain.

“Ya dua-duanya mengajukan JC, berkas Saiful saja yang sudah diterima tapi kalau Maringan belum,” ungkapnya kepada awak media.

Perlu diketahui, sebelumnya dalam dakwaan Syaiful menyerahkan uang kepada Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain sebesar Rp400 juta melalui Kadis PUPR Kabupaten Batubara, Helman Herdady.

Sementara itu, Marigan Situmorang yang mendapatkan dua proyek di Dinas PUPR menyerahkan uang sebesar Rp3,7 miliar dalam tiga tahapan kepada OK Arya melalui perantara pengusaha showroom Sujendi Tarsono alias ayen.

Sedikitnya, KPK telah menjaring sejumlah 5 tersangka dalam kasus ini antaranya, Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain, Kadis PUPR Kabupaten Batubara, Helman Herdady dan pengusaha showroom Sujendi Tarsono alias Ayen.(wol/iam)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kurangi Angka Kecelakaan, KAI Beri Pesan Ini

MEDAN, Waspada.co.id – PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara mengimbau kepada masyarakat untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: