Home / Medan / Penyebab Banjir di Medan Deli Sudah Teratasi
WOL Photo

Penyebab Banjir di Medan Deli Sudah Teratasi

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, langsung menindaklanjuti keluhan warga Jalan Benteng I, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli terkait penyumbatan drainase yang menyebabkan terjadinya banjir, Rabu (8/3) kemarin, Wali Kota menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) melakukan pengorekan.

Dengan pengorekan yang dilakukan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir di kawasan tersebut.

Sekitar pukul 10.00 WIB Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan, didampingi Plt Kabid Drainase, Edi Zalman, memimpin langsung pengorekan. Guna mendukung kelancaran pengorekan, Syahnan pun menurunkan 1 unit spider escavator. Alat berat satu ini memiliki empat roda yang berjalan tak ubahnya seperti kaki laba-laba sehingga dapat menjangkau lokasi yang sulit sekalipun, termasuk kemiringan setajam apapun.

Selain itu Syahnan juga mendatangkan 1 unit beko mini, skid loader serta 15 unit truk untuk mengangkat lumpur hasil pengorekan. Di samping itu menurunkan puluhan pekerjanya dibantu dengan belasan personil  Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Deli. “Kita ingin pengorekan yang dilakukan hari ini maksimal sehingga memuaskan warga,” kata Syahnan.

Kondisi drainase sangat memprihatinkan, selain mengalami sendimentasi, permukaannya juga dipenuhi sampah sehingga tidak berfungsi. Alhasil setiap kali hujan deras turun, drainase tak mampu menampung debit air hujan yang mengakibatkan air meluber menggenangi jalan maupun rumah warga sekitar.

Syahnan pun langsung mengerahkan spider excavator dan skid loader untuk mengeruk drainase. Lumpur dan sampah hasil korekan langsung diangkut dengan truk, pelahan-lahan drainase yang mengalami sendimentasi pun  kembali dalam dan  bersamaan itu air pun mengalir lancar kembali.

Sebaliknya untuk mengorek gorong-gorong, puluhan petugas Dinas PU dan P3SU pun berjibaku membersihkannya dari tumpukan lumpur bercampur sampah. Pengorekan ini mendapat apresiasi penuh dari warga sekitar. Sebab, mereka mengaku sudah lelah menghadapi banjir setiap kali hujan deras turun.

“Drainase tidak pernah dikorek seperti ini sehingga mengalami penyumbatan. Insya Allah dengan pengorekan yang dilakukan, drainase berfungsi kembali sehingga mampu menampung debit air hujan. Dengan demikian kawasan kami dapat terbebas dari banjir. Untuk itu atas nama warga, kami mengucapkan terima kepada Bapak Wali Kota Medan yang cepat merespon keluhan kami,” ungkap Sumardi (60), warga Lingkungan XIII, Kelurahan Tanjung Mulia.

Usai pengorekan, Syahnan pun berpesan kepada warga sekitar agar selalu menjaga kebersihan saluran drainase dengan tidak membuang sampah rumah tangga sembarangan, terutama dalam drainase. Dikatakannya, pengorekan yang dilakukan akan sia-sia apabila tidak didukung penuh warga.

“Tanpa dukungan warga, drainase yang kita korek tidak akan bertahan lama dan kembali tersumbat apabila warga tidak mau menjaga kebersihannya. Jadi mulai saat ini, marilah kita jaga bersama kebersihan drainase ini,” harap Syahnan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

15 Pelajar Medan Siap Mengukuti Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 15 pelajar dilepas untuk mengikuti program Pertukaran Pelajar ke Kota Gwangju, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: