Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Penjelasan Pertamina Soal Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Medan
WOL Photo/Ega Ibra
WOL Photo/Ega Ibra

Penjelasan Pertamina Soal Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Medan

MEDAN, WOL – Elpiji 3 kilogram mengalami kelangkaan di beberapa daerah di Kota Medan. Sejumlah masyarakat mengeluh dengan kondisi tersebut. Apalagi, kelangkaan tabung elpiji 3 kg tersebut mengakibatkan kenaikan harga yang tak terkendali.

Parahnya, kelangkaan membuat masyarakat terkendala dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti yang diakui Penjual Mie Sop di kawasan Jalan Denai Medan, Mursidah mengaku bahwa kelangkaan sudah terjadi beberapa minggu terakhir.

“Sudah dua minggu terakhir susah mencari elpiji 3 kg, jualan saya jadi terkendala, biasanya gak terlalu susah,” tuturnya, Rabu (11/10).

Menanggapi hal itu, Area Manager Communication and Relations PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I, Rudi Ariffianto, mengatakan beberapa hari terakhir terjadi lonjakan pembelian elpiji 3 kg di lapangan. Pihaknya menggelar operasi pasar di tiga daerah di Sumut seperti Medan, Deli Serdang dan Binjai.

“Operasi pasar yang diselenggarakan di 8 titik tersebut menyalurkan sebanyak 4.480 tabung gas elpiji 3 kg. Selanjutnya OP juga akan dilakukan di Labuhan Batu, Tapanuli Utara, Humbahas dan Rantau Prapat,” jelasnya.

Penggunaan elpiji 3 kg sudah meluas di luar yang ditetapkan pemerintah. Untuk 2017, pemerintah mengurangi jumlah kuota dari 6,9 juta tabung menjadi 6,2 juta tabung untuk nasional.

“Dimana Elpiji 3 kg sebenarnya hanya diperuntukkan bagi warga miskin dengan pendapatan kurang dari Rp1,5 juta per bulan dan usaha mikro. Sebenarnya yang layak menggunakannya hanya 26 juta orang saja, kenyataan di lapangan banyak yang menggunakannya untuk bahan bakar untuk mobil, pompa air dan lainnya,” tambahnya.

“Sedangkan jatah untuk masing-masing agen tergantung daerah karena satu agen bisa melayani berbeda pangkalan. Itu diatur oleh tim di fungsi elpiji,” pungkasnya. (wol/eko/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Ilustrasi

Poldasu Ciduk Perwira Pangkat AKP Terlibat Peredaran Narkoba

MEDAN, WOL – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut kembali meringkus anggota polisi berpangkat AKP terlibat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.