Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Penggusuran Pedagang Pasar Pesanan Developer
WOL Photo
WOL Photo

Penggusuran Pedagang Pasar Pesanan Developer

MEDAN, WOL – Menindaklanjuti keluhan pedagang tradisional Jalan Bulan yang akan digusur oleh PD Pasar Medan, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan akhirnya turun melihat dan menyerap aspirasi ratusan pedagang. Hasil kunjungan, menyimpulkan kondisi pasar masih layak dipertahankan sedangkan penggusuran dituding karena pesanan developer.

“Kondisi pasar masih layak dipertahankan namun butuh penataan lebih baik. Rencana penggusuran diduga kental nuansa pesanan dan kepentingan pihak ketiga,” ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan, Hasyim SE, usai meninjau pasar tradisional tersebut, Senin (10/4).

Dikatakan Hasyim, kunjungan turut dihadiri Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, Boydo HK Panjaitan dan Daniel Pinem.

Menurut Hasyim, pedagang di Jalan Bulan merupakan pedagang tradisional resmi yang sejak 27 tahun lalu berdagang di sana. Maka untuk itu, pedagang harus diakomodir dan tidak asal gusur. Bahkan, kata Hasyim, pasar tradisional Jalan Bulan harus dipertahankan sebagai ikon pasar tradisional di Medan. Untuk itu, saat ini yang perlu penataan dan peremajaan bukan penggusuran.

“Kalau dipindahkan tidak mungkin apalagi lokasi tempat pemindahan tidak jelas. Jadi pemindahan bukan solusi,” tegas pria yang juga menjabat Ketua DPC PDI P Kota Medan ini.

Sedangkan Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Medan, Daniel Pinem, menolak dilakukan penggusuran pedagang. Daniel mengaku tidak menemukan hal yang mengganggu ketertiban umum terkait keberadaan pedagang. Sebaiknya Pemko melakukan panataan bukan penggusuran.

“Kita tidak menemukan alasan kuat supaya dilakukan penggusuran. Itu pasar resmi dan tidak ada macat akibat keberadaan pedagang,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya, ketika dimintai tanggapannya mengaku akan tetap menggusur pedagang tradisional di Jalan Bulan. Alasannya keberadaan pedagang sudah mengganggu sarana fasilitas umum dan mengganggu lalu lintas.

“Dalam waktu dekat akan kita tertibkan, tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Saat ini kita (PD Pasar, red) sedang koordinasi dengan Satuan Keja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran Pemko Medan,” tutupnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Lihavez SA

Buwas Ajak Siswa TK dan SD Jauhi Narkoba

MEDAN, WOL – Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada ratusan ...

  • Yola Puspita

    Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.