Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Pengguna Aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’ Masih Minim
polisi kita

Pengguna Aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’ Masih Minim

MEDAN, WOL –  Peluncuran aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’ dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat belum sesuai harapan. Pasalnya masih banyak masyarakat yang tidak mengerti menggunakan aplikasi berbasis online tersebut.

Seperti diungkapkan Agus, dirinya sampai saat ini belum mengerti cara menggunakan program ‘Polisi Kita Sumut’, untuk memberikan laporan tindak kejahatan.

“Ribet kali caranya. Memang sudah saya download aplikasinya namun sampai saat ini belum juga teregistrasi,” tuturnya kepada Waspada Online, Senin (20/11).

Dijelaskan, susahnya menggunakan aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’ karena kurangnya sosialisasi yang disampaikan pihak kepolisian cara menggunakan program tersebut.

“Maunya polisi rutin memberikan sosialisasi bagaimana cara menggunakan aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’ sehingga kami masyarakat awam mengerti menggunakannya,” ucap Agus.

Sementara itu, berdasarkan amatan Waspada Online, baru 50 ribu pengguna yang telah men-download aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’. Hal itu sangat berbanding terbalik dengan jumlah penduduk Sumut yang mencapai belasan juta jiwa.

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, meluncurkan aplikasi ‘Polisi Kita’ di Polda Sumatera Utara. Aplikasi ini menggunakan konsep e-policing atau pelayanan kepolisian terpadu berbasis elektronik pada Februari 2017 lalu.

“Jadi, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke kantor polisi, 2-3 jam menunggu, cukup menggunakan handpone,” ungkap Tito.

Selain meluncurkan program e-policing, dalam Kapolri juga berharap adanya perubahan cara kerja di jajaran Polda Sumut sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin meningkat.

‘Polisi Kita Sumatera Utara’ itu akan dilaksanakan di 33 kabupatren/kota di Sumut. Pelayanan secara elektronik itu adalah penjabaran dari arahan Presiden Joko Widodo dan program prioritas Kapolri untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau pelayanan kepolisian.

Program e-policing terintegrasi dengan seluruh polres di Sumatera Utara dan dapat diakses masyarakat secara mudah dengan menggunakan telepon seluler jenis android.

“Aplikasi tersebut berisi fitur seperti berita dan agenda, pengaduan, Saber Pungli, serta city guide untuk mengetahui kantor kepolisian dan fasilitas umum terdekat. Di bagian bawahnya ada tombol respons cepat untuk mendapatkan bantuan segera bagi warga yang membutuhkan,” pungkasnya. (wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Ilustrasi

Poldasu Ciduk Perwira Pangkat AKP Terlibat Peredaran Narkoba

MEDAN, WOL – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut kembali meringkus anggota polisi berpangkat AKP terlibat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.