Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Pengerjaan Infrastruktur Belum Terkonsep di Medan
Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga (WOL Photo/M Rizki)
Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga (WOL Photo/M Rizki)

Pengerjaan Infrastruktur Belum Terkonsep di Medan

MEDAN, WOL – Pemko Medan tengah berbenah. Tahun anggaran 2017 ini, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menganggarkan dana Rp1 triliun untuk memperbaiki seluruh infrastruktur, baik jalan, badan jalan, maupun drainase.

Namun, proses perbaikan infrastruktur yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan saat ini masih mengabaikan kepentingan warga. Salah satu contohnya sisa pengorekan tanah dari perbaikan drainase di sejumlah titik lamban diangkut. Alhasil, arus lalu lintas menjadi lamban, bahkan dapat membahayakan pengendara jika tanah tersebut sudah bercampur dengan air.

“Harusnya Dinas PU Medan ini meniru SOP Dinas PU Bandung dalam proses pembetonan jalan dan pembangunan drainase yang terkenal sangat rapi. Tidak seperti di sini. Banyak kali bekas korekan parit dibiarkan berserakan di badan jalan,” ketus Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, menyikapi kinerja Dinas PU yang dipimpin, Kahirul Syahnan, Jumat (13/10).

Politisi Gerindra ini menambahkan, pembetonan badan jalan yang tidak dikerjakan sekaligus juga menghambat aktivitas warga, khususnya para pengguna jalan. Soalnya, besi beton dibiarkan menjulur keluar badan jalan yang sedang dibeton.

“Harusnya besi beton untuk sambungan pembetonan badan jalan itu jangan dibiarkan menjulur keluar gitulah. Itukan membahayakan mobil yang sedang melintas di kawasan itu. Harusnya, ditutup dululah sisa besi beton itu,” sarannya.

Mengenai geliat pengerjaan proyek yang baru dilaksanakan pada akhir tahun anggaran, di yakini akan berdampak pada kualitas pengerjaan. Sebab demi mengejar target, pekerjaan tersebut dikerjakan secara mendadak.

“Perencanaan di Dinas PU nggak matang. Seolah gambar proyek dan RAB-nya belum siap. Itulah yang jadi penyebab banyak proyek baru dimulai di akhir tahun, bukan di awal tahun,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Pemko Medan Fokuskan Perbaikan Jalan Rusak di Kota

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan seluruh jalan kota yang rusak dan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.