Home / Medan / Pengembangan Pariwisata Sumut, Hidayati: Kami Siap Bangun Komitmen Bersama
WOL Photo

Pengembangan Pariwisata Sumut, Hidayati: Kami Siap Bangun Komitmen Bersama

MEDAN, WOL – Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Hidayati, menyampaikan bahwa pertemuan bersama stakeholder dan pelaku pariwisata di Sumut merupakan bagian dari upaya memperkuat keterlibatan masyarakat dalam pengembangan sektor ini.

Hal itu dikatakan Hidayati usai jamuan makan malam pelaku pariwisata dan stakeholder di Sumut, serta investor dari negara tetangga di Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (9/4) malam.

“Kami sudah membangun komitmen bersama. Dengan adanya sinergitas ini, kami mengharapkan bisa mengidentifikasi permasalahan dan juga melakukan strategi pengembangan pariwisata Sumatera Utara,” sebutnya.

Pihaknya juga, kata Hidayati, telah menggabungkan semua usulan bersama agar anggaran pemerintah berbasis kebutuhan sesuai dengan kendala yang harus diselesaikan. “Kami terus berupaya bagaimana bisa mencapai target satu juta kunjungan wisatawan ke Sumut hingga 2019,” sebutnya.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solahudin mengatakan, rapat koordinasi terkait pengembangan pariwisata Sumut oleh Disbudpar telah memberikan berbagai masukan penting. Diantaranya pemerataan perbaikan infrastruktur, sehingga mereka bisa menyusun paket wisata menuju berbagai objek wisata.

“Selanjutnya adalah peningkatan kualitas event. Perlu peningkatan konten dan kualitas. Kemudian kita juga butuh semacam souvernir center (pusat souvenir). Selain itu juga perlu ada open stage yang terus menerus,” katanya, sekaligus mengapresiasi perhatian besar Gubernur terhadap pengembangan pariwisata Sumut selama ini.

Dalam kegiatan itu, juga disampaikan rencana investor Malaysia membangun kapal wisata sekaligus berfungsi sebagi hotel dengan nuansa tradisional dan eksklusif. Kapal tersebut akan melayani perjalanan wisata di Danau Toba dalam rangka mengundang wisatawan mancanegara datang ke Sumut.

Gubsu mengibaratkan bahwa pengembangan pariwisata seperti pilihan antara telur dan ayam, mana yang lebih dahulu ada. Karena itu dirinya menekankan pentingnya berbagi tugas sesuai kemampuan dan bidang masing-masing.

Hal itu disampaikan Tengku Erry usai menjamu makan malam pelaku pariwisata dan stakeholder di Sumut, serta investor dari negara tetangga di Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (9/4) malam.

Dalam pertemuan sederhana dan dialogis itu, Erry menyampaikan bahwa pengembangan pariwisata di Sumut, selama tiga tahun terakhir mulai digenjot. Hal tersebut mengingat banyak tempat wisata yang potensial dan beragam. Mulai dari segi keindahan, warisan budaya (heritage), kuliner, religi (rohani), dan agro (pertanian).

Turut hadir, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Bondaharo Siregar, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Amran Utheh serta berbagai asosiasi di bidang pariwisata di Sumut. (wol/ags)

Editor: Agus Utama
tags

Check Also

Jutaan Ikan Mati Misterius di Danau Toba, Kerugiannya Capai Rp4 Miliar

  MEDAN, Waspada.co.id – Petani keramba jaring apung di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara harus menelan kerugian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: