_
Home / Medan / Pengamat: Segerakan Status Tersangka di Sekretariat DPRD Medan Soal Bulletin
WOL Photo/Muhammad Rizki

Pengamat: Segerakan Status Tersangka di Sekretariat DPRD Medan Soal Bulletin

MEDAN, WOL – Pengamat Hukum, Holid SH mendesak Dirkrimsus bidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sumut, untuk segera menetapkan status tersangka pada otak pengadaan Bulletin ‘Medan Mantap’ di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Medan. Pasalnya sampai saat ini masalah ini belum juga menemukan titik terang, padahal sejumlah bukti telah dikumpulkan.

“Pihak penyidik Tipikor sudah menggeledah ruang Sekretaris DPRD Kota Medan dan sudah memeriksa sejumlah pihak. Oleh karenanya saya meminta agar pihak Tipikor Poldasu segera menetapkan siapa tersangka dalam pengadaan Bulletin ‘Medan Mantap’ ini,” katanya kepada Waspada Online, Rabu (22/4).

Dijelaskan Holid, jangan sampai kasus ini tidak berujung seperti kasus-kasus lainnya yang ada di Sumut. “Saya menginginkan agar kasus dugaan korupsi bulletin ‘Medan Mantap’ ini tuntas di meja pengadilan. Sudah jelas temuan ini mengarah ke korupsi,” ketusnya.

Ditambahkan Holid, 50 Anggota DPRD Medan jangan diam dalam kasus ini. Sebab ini terjadi di internal DPRD Medan. “Yang anehnya, masak kasus ini terjadi di SKPD yang anggota dewan bekerja mereka tutup mata dan telinga. Kalau di SKPD lain selalu disoroti,” kenangnya.

Sebelumnya diberitakan ruang kerja Sekretaris Dewan (Sekwan) Mhd Azwarlin Nasution digeledah oleh pihak penyidik Tipkor Poldasu sekaligus memerika Azwarlin. Pemeriksaan terkait penerbitan bulletin ‘Medan Mantap’ yang diterbitkan pihak Skretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan.

Dikabarkan, biaya belanja penerbitan bulletin ‘Medan Mantap’ untuk tahun 2015 sebesar Rp360 juta itu mengalami kenaikan anggaran hingga 300 persen, dari anggaran tahun 2014 yang telah digelontorkan hanya Rp120 juta.

Pengadaan penerbitannya tidak melalui proses tender. Pengerjaan dilakukan oleh pihak ketiga dengan sistem penunjukan langsung (PL). Sesuai dokumen pelaksanaan anggaran Satuan Kerja Perangkat  Paerah (DPA SKPD) Tahun Anggaran 2014 No DPA SKPD 1.20 04 01 15 5 2 dengan pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran Mhd Azwarlin Nasution Sekretaris DPRD Medan. Belanja cetak dan pengdaan bulletin kegiatan DPRD Medan dengan volume cetak 3000 eksemplar untuk satu tahun dengan rincian biaya cetak Rp40 ribu per eksemplar, totalnyal Rp120 juta per tahun.

Honorium panitia pelaksana kegiatan pengadaan bulletin DPRD Medan untuk volume 4 kali (triwulan) dalam setahun, Rp7.800.000 per triwulan, totalnya Rp31. 200.000.

Belanja alat tulis kantor kegiatan pengadaan bulletin kegiatan DPRD Medan Rp2.745.000 untuk setahun. Indikasi penggelembungan belanja cetak dan penggandaan bulletin kegiatan DPRD Medan tahun 2014, jumlah eksemplar yang dicetak tidak sampai 3000 eksemplar, dengan anggaran cetak Rp40 ribu per eksemplar. (wol/muhammad rizki/data1)

适适

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Diperiksa Jadi Saksi, Polisi Jemput Keluarga Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri

MEDAN, Waspada.co.id – Polisi jemput keluarga terduga pelaku bom di Polrestabes Medan untuk diperiksa menjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.