Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Terduga Teroris Deliserdang Berencana Ledakkan Gereja Bethel Marindal
WOL Photo
WOL Photo

Terduga Teroris Deliserdang Berencana Ledakkan Gereja Bethel Marindal

MEDAN, WOL – Berbagai modus dilakukan para pelaku terorisme yang bergabung dalam kelompok Katibah Gonggong Rebus (KGR) pimpinan Gigih Rahmad Dewa yang bersama-sama merencanakan kegiatan “Amaliyah” (Tidak Pidana Terorisme) di Indonesia di bawah kendali Bahrun Naim Anggih Tamtomo.

Dengan berpura-pura mau pindah agama, seorang pria asal Kampung Karang Anyer, Kecamatan Langsa, Provinsi NAD, berhasil mengelabui para jemaat Gereja Bethel Marindal yang berada di Jalan Marindal/Bajak II-H Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kamis (22/12) sekira pukul 21.30 WIB.

Pemuda yang diketahui bernama Syamsari alias Ari (24) yang diduga kuat dari jaringan teroris kelompok KGR ini berhasil merangsek masuk ke dalam Gereja Bethel tersebut sambil membawa tas ransel yang disandangnya. Namun belum diketahui apa isi di dalam tas ransel tersebut. Apakah berisi bom untuk meledakkan gereja tersebut.

Beruntung, aksi mencurigakan yang dilakukan Syamsari dipergoki dua orang warga sekitar gereja, yakni M Riski Nasution (22) warga Jalan Bajak 5 Ujung Kecamatan Medan Amplas dan Rahmad Suryadi Nasution (21) warga Jalan Bajak II-H Kecamatan Medan Amplas.

Kala itu, kedua saksi yang sedang berada di sekitar gereja didatangi Syamsari. “Saat itu, kami lagi berdiri-diri di samping gereja itu. Kemudian datang pelaku (Syamsari) menghampiri kami dan menanyakan apakah gereja ini ada penghuninya. Lalu kubilang ada karena ada kereta dan mobil,” kata Riski.

Curiga, Riski kembali bertanya kepada pelaku. “Aku sempat curiga sama dia bang, makanya kutanya lagi ada kepentingan apa abang di Gereja Bethel itu. Terus katanya, mau jumpai kawan karena dia mau pindah agama. Sebab dia mau pindah agama, kusuruh aja dia masuk ke dalam Gereja tersebut,” beber Riski seraya mengatakan sebelum masuk ke dalam gereja, pelaku juga sempat ditanyai jemaat gereja.

Beberapa menit di dalam gereja, seorang jemaat tampak berlari keluar dari dalam gereja sambil berteriak ada teroris dan menghampiri Riski dan Rahmad.

“Jemaat itu nanya sama kami, apakah ada melihat orang yang membawa tas ransel masuk ke dalam gereja tadi. Lalu kubilang ada, tapi dia barusan keluar tanpa membawa tas ranselnya lagi. Itu dia masih diluar pagar gereja,” beber Riski.

Sontak saja jemaat gereja tersebut berteriak ada teroris. “Ada teroris, pria tadi itu adalah teroris,” teriak jemaat.

Akibat teriakan itu, para jemaat lainnya pun lari tunggang langgang untuk menyelamatkan diri.  Sedangkan jemaat lainnya berhasil menangkap pelaku dan  menghubungi pihak kepolisian dari Mapolsek Patumbak.

Personil dari Mapolsek Patumbak tiba di lokasi dan langsung melakukan penggeledahan badan dan barang bawaan terlapor. Setelah dipastikan tidak adanya bom atau pun bahan peledak di dalam tas ransel milik pelaku, kemudian polisi mengamankan pelaku ke Mapolsek Patumbak, guna penyelidikan selanjutnya.

“Hasil pemeriksaan tas ransel milik pelaku tidak ditemukan adanya bom atau pun bahan peledak. Di dalam tas itu hanya berisi baju kemeja 2 potong, kacamata 2, charger HP, Handset, 3 kartu HP dengan No.082370385623, 082367154617 dan 1 satu kartu hp Tri,” kata Kapolsek Patumbak AKP Afdhal Junaidi didampingi Kanit Reskrim AKP Ferry Kusnadi kepada wartawan, Jumat (23/12).

Kapolsek mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolsek Ulim langsa Iptu M Daud tentang identitas pelaku. “Kita sudah melakukan koordinasi dengan Kapolsek Ulim Langsa Iptu M Daud untuk mengetahui siapa dan apa motif pelaku sebenarnya datang ke gereja tersebut. “Sabar ya, nanti kalau ada perkembangan terbaru terkait kasus ini, akan saya kabarkan,” pungkasnya.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Eko Kurniawan

Rinni Wulandari Rilis Album Ketiga

MEDAN, WOL – Setelah melalui proses kurang lebih satu tahun, Rinni Wulandari meluncurkan album ketiganya bertajuk “I ...

  • Cathy Purnomo

    JagadPoker Penyediaan Jasa Poker Online Terbaik & Terpercaya
    1 User ID Berlaku untuk 6 permainan : ADU-Q, BANDAR-Q, BANDAR POKER, CAPSA SUSUN, DOMINO QQ dan POKER
    AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA : DENGAN PROMO :
    * Bonus Rollingan 0,3% ( Dibagikan Setiap Hari ).
    * Bonus Referral 15% ( Seumur Hidup ).
    COME AND JOIN NOW… Dijamin No Bot

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.