Home / Medan / Pemprovsu Tata Penggunaan Mobil Dinas
WOL Photo

Pemprovsu Tata Penggunaan Mobil Dinas

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, mengadakan Apel Kendaraan Dinas yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Halaman Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Senin (3/12).

Tujuannya, untuk menata kembali mobil-mobil dinas yang ada di lingkungan Pemprovsu, menginventarisir, serta penggunaannya agar sesuai dengan peraturan berlaku.

Setiap mobil dinas akan didata kembali dan diperiksa kelengkapan surat-suratnya, termasuk Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), kelayakan, serta pajaknya. Kemudian Pemprovsu menertibkan mobil-mobil pemerintah yang digunakan oleh OPD Pemprovsu.

“Kita akan data yang kurang dan kelebihan, kemudian kita distribusikan sesuai kebutuhan masing-masing OPD. Jadi, nanti mobil-mobil dinas ini tidak ada yang menumpuk pada salah satu OPD saja. Sisanya yang tidak bisa digunakan lagi kita akan laporkan kepada Gubernur, apakah akan dihibahkan ke sekolah-sekolah untuk praktek mereka atau kita lelang,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah ketika meninjau pelaksanaan Apel Kendaraan Dinas.

Pemprovsu, kata Wagubsu, tidak akan berhenti hanya di mobil dinas saja. Berikutnya penertiban administrasi dan tata kelola kendaraan dinas untuk roda dua, kemudian aset-aset lainnya.

“Setelah mobil-mobil dinas ini kita akan lanjut ke kendaraan roda dua dan juga aset lainnya. Kita perlu melakukan ini untuk menertibkan tata kelolanya dan juga adminstrasinya,” tambah Musa Rajekshah.

Sebelumnya, Sekdaprovsu, Raja Sabrina saat membuka Apel Kendaraan Dinas mengatakan, Apel Kendaraan Dinas bertujuan untuk menata kembali mobil-mobil dinas yang ada di lingkungan Pemprovsu.

“Kita ingin menertibkan mobil-mobil dinas yang ada di lingkungan Pemprovsu, menginventarisirnya, melengkapi data-data dari OPD,” tukas Sekdaprovsu.

Selain itu, pemakaian mobil dinas juga akan dilihat, apakah sesudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Kita juga harus tahu mobil-mobil yang dipakai eselon di OPD masing-masing, apakah sesuai dengan peraturan saat ini. Kan itu ada ketentuannya, Eselon III harusnya mobilnya di CC berapa, Eselon II berapa CC. Kalau tidak sesuai, kita tarik dan kita distribusikan kepada yang lebih berhak,” pungkas Sekdaprovsu.

Diketahui, kegiatan ini akan berlangsung hingga 11 Desember 2018. Sedikitnya, ada 5-6 OPD yang memeriksakan mobil dinasnya setiap hari, dari total 47 OPD Pemprovsu. Badan Pengelola dan Aset dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Kesehatan, Biro Pemerintahan, Biro Hukum dan Biro Organisasi mendapat kesempatan diperiksa pada hari pertama.(wol/rdn/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pemprovsu Serahkan Tali Asih Bagi Atlet Yongmoodo

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ((Pemprovsu) menyerahkan tali asih bagi para atlet Yongmoodo ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: