Home / Medan / Pemko Medan Kalau Mau Bisa Targetkan PBB Rp900 Miliar
Politisi Gerindra DPRD Kota Medan, Godfried Effendi Lubis. (WOL Photo/M. Rizki)

Pemko Medan Kalau Mau Bisa Targetkan PBB Rp900 Miliar

MEDAN, WOL – Politisi Gerindra DPRD Kota Medan, Godfried Effendi Lubis, menyebutkan seharusnya Pemko Medan berani menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp900 miliar di tahun 2018, tidak seperti yang dianggarkan saat ini. Di mana target PBB di tahun 2018 hanya berkisar Rp450 miliar.

Jika dihitung melalui matematika dasar, sebutnya, target angka tersebut masih realistis. Contohnya dihitung berapa banyak bangunan yang ada di Kota Medan. Kemudian dari jumlah itu dikurangkan dengan bangunan yang menjadi fasilitas umum, fasilitas sosial, gedung pemerintah, dan rumah ibadah.

“Kota Medan masih kalah jauh dari Kota Surabaya yang menargetkan hampir Rp1 triliun dari sektor PBB. Seharusnya, wilayah sebesar Kota Medan berani menargetkan PAD dari sumber yang bisa dihitung. Jadi muncul pertanyaan, kenapa Pemko Medan tidak berani menargetkan PAD yang besar dari sektor PBB,” ujarnya mempertanyakan, Selasa (13/3).

Pria yang duduk di Komisi D ini menyebutkan, tahun 2017 Pemko Medan merealisasikan PBB sebesar 80 persen dari target. Artinya perlu dipertanyakan kinerja SKPD yang menangani masalah ini.

“Seharusnya dinas terkait bisa memaksimalkan kinerjanya agar target yang sudah digariskan bisa tercapai,” katanya.

Perihal kurangnya kesadaran masyarakat membayar PBB, menurutnya bukan karena tidak mau bayar. Tetapi karena letak loket pembayaran yang lokasinya cukup jauh dari rumah mereka. Terlebih lagi situasi tersebut harus dijalankan oleh orang yang sudah lanjut usia (Lansia).

“Cobalah Pemko Medan jalin kerja sama dengan pihak bank yang ada di Medan. Jadi pembayaran PBB bisa melalui ATM, seperti yang dilakukan Pemko Surabaya,” sarannya. (wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pansus LPj 2017 Ingatkan Pemko Medan Soal Wisata Mangrove

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Pansus Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Wali Kota Medan Tahun Anggaran 2017, HT ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: