_
Home / Medan / Pemko Medan Gelontorkan Rp8,6 Miliar Hanya Untuk Batik Tradisional
WOL Photo

Pemko Medan Gelontorkan Rp8,6 Miliar Hanya Untuk Batik Tradisional

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah anggota Komisi III DPRD Medan terkejut dengan dengan rencana penganggaran belanja batik tradisional yang dianggarkan Kepala Bagian Perlengkapan dan Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Pemko Medan, SI Dongoran, untuk tahun anggaran 2020.

Pasalnya, Rp8.640.322.500 untuk membeli batik dianggap hal pemborosan. “Pak, apa tak terlalu besar itu untuk belanja batik tradisional dengan angka mencapai Rp8,6 miliar lebih?,” tanya anggota Komisi III Modesta Marpaung dalam Rapat Pembahasan R-APBD 2020 yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan di ruang rapat komisi, Minggu (25/8).

Hadir dalam rapat Sekretaris Komisi III DPRD Medan Dame Duma Sari Hutagalung, Wakil Ketua Komisi III DPRD Medan Kuat Surbakti, anggota komisi Jangga Siregar, Hendrik Halomoan Sitompul, Asmui Lubis dan Beston Sinaga.

Pernyataan Modesta Marpaung langsung ditimpali, Dame Duma Sari Hutagalung, Boydo HK Panjaitan dan Kuat Surbakti. Mereka meminta kepada SI Dongoran untuk memangkas anggaran belanja batik tradisional tersebut. “Kan sayang, hanya untuk batik saja harus habiskan uang Rp8,6 miliar,” ketus Boydo.

Boydo mengusulkan agar kalaupun batik tradisional itu diadakan jangan untuk semua ASN di OPD yang ada di Medan. “Buat aja sampelnya dulu, misal di Sekretariat Pemko Medan dan para pimpinan OPD saja dulu,” usulnya.

Menjawab itu, SI Dongoran menjelaskan bahwa pengadaan batik tradisional sebesar Rp8,6 miliar lebih itu untuk 15.550 Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan juga merupakan program yang tertunda dari dua tahun lalu.

Sebab, batik tradisional itu menunggu Beauty Contest oleh Dinas Pariwisata untuk menentukan seperti apa motif batik tradisional itu nantinya. “Batik itu nanti akan dipergunakan oleh ASN pada peringatan hari-hari khusus,” sebutnya. (wol/mrz/data2)

Editor: Sastroy Bangun

Check Also

Anggota DPRD Medan Terpilih Harus Mampu Bawa Aspirasi Masyarakat

MEDAN, Waspada.co.id – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Medan dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.