Home / Medan / Pemko Medan Belum Serahkan LPj Anggaran Tahun 2015?
WOL Photo/Ega Ibra

Pemko Medan Belum Serahkan LPj Anggaran Tahun 2015?

MEDAN, WOL – Memasuki penyusunan R-APBD Kota Medan tahun anggaran 2017, Pemko Medan sampai dengan saat ini belum juga menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) penggunaan anggaran tahun 2015. Hal ini menjadi pertanyaan sejumlah kalangan legislator yang duduk di tingkat II.

Anggota DPRD Medan dari Fraksi PKS, Rajuddin Sagala, mengaku belum menerima salinan LPj Wali Kota Medan tahun 2015.

Padahal seyogianya, bulan Agustus ini DPRD Medan sudah melakukan pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2016, menyusul kemudian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun 2017.

“Kita gak tahu dimana macatnya ini. Apakah karena lambatnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengirimkan laporan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemko Medan atau apa,” herannya menjawab pertanyaan awak media, Jumat (5/8).

Jika permasalahannya ada di SKPD, lanjutnya, Wali Kota harus mengevaluasi kinerja bawahannya.

“Kita khawatir jika LPj ini tidak segera dibahas akan berdampak kepada lambannya pembahasan P-APBD 2016, sehingga berdampak pula kepada pembangunan Kota Medan. Sebab SKPD tidak akan mampu menjalankan programnya jika tahun anggaran sudah hampir habis, yang akhirnya terjadilah Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA),” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PAN DPRD Medan, Ahmad Arif, meminta Pemko Medan agar segera menyerahkan LPj Tahun Anggaran 2015, agar segera dibahas.

“Kita meminta kepada Pemko Medan untuk segera menyerahkan LPj tahun 2015 agar bisa segera dibahas, kerena berdasarkan Undang Undang tentang keuangan, kepala daerah memberikan Laporan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ke DPRD selambat-lambatnya 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir. Jangan mau kalah daerah lain dong,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Optimalkan Pajak Daerah, BP2RD Medan Pasang Tapping Box

MEDAN, Waspada.co.id – Dalam rangka mengoptimalisasi pajak daerah, Pemko Medan melalui Badan Pengelola Pajak dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: