Home / Medan / Pemko Medan Ajukan Perda Tentang BUMD
WOL Photo

Pemko Medan Ajukan Perda Tentang BUMD

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan ajukan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar di gedung DPRD Kota Medan, Senin (25/6).

Dalam rapat paripurna nota pengantar kepala daerah yang disampaikan Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengungkapkan bahwa pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan dalam rangka untuk memberi pelayanan, peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Untuk itu, sudah menjadi otoritas pemerintah daerah membentuk perusahaan umum daerah,” ungkapnya.

Akhyar menambahkan, sesuai dengan Pasal 331 ayat 1,2,3 dan 4 Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menyatakan daerah dapat mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Pendirian BUMD sebagaimana dimaksud pada ayat 1 ditetapkan dengan Perda, BUMD sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri dari atas perusahaan umum daerah dan perusahaan perseroan daerah.

Di ayat 4 disebutkan bahwa pendirian BUMD sebagaimana dimaksud pada ayat 1 bertujuan untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah pada umumnya, menyelenggarakan kemanfaatan umum dan memperoleh laba dan atau keuntungan.

“Perusahaan umum daerah sebagai Badan Usaha Milik Daerah merupakan usaha pada sektor publik yang pada hakekatnya harus mampu memberikan pelayanan publik,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ini Catatan Laporan Reses Dapil IV Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan daerah pemilihan (Dapil) IV menyoroti berbagai permasalahan yang terjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: