Home / Medan / Pemko dan Tirtanadi Sosialisasi Pemasangan Sambungan Rumah Air Limbah
WOL Photo

Pemko dan Tirtanadi Sosialisasi Pemasangan Sambungan Rumah Air Limbah

MEDAN, WOL – Pembangunan akses sanitasi air limbah di Kota Medan sejatinya sudah giat dilaksanakan sejak Tahun 2009 lalu. Pembangunan itu sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Medan dan PDAM Tirtanadi mendukung dan mensukseskan program nasional “100-0-100”, yaitu target mencapai 100 persen akses pelayanan air minum, 0 persen kawasan permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak pada Tahun 2019.

Namun harus diakui, pencapaian target masih belum sesuai yang diharapkan dan masih memerlukan sosialisasi secara berkelanjutan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Medan Gunawan Surya Lubis, saat pengukuhan Pokja Sosialisasi Air Limbah sekaligus Workshop Pembekalan anggota Pokja yang digelar 22 – 23 Agustus 2016 di Aula Lantai IV Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jalan SM Raja No. 1 Medan.

Gunawan Surya Lubis, menambahkan pada Tahun 2016, Pemko Medan akan kembali melaksanakan pemasangan sambungan rumah air limbah bagi masyarakat Kota Medan di 9 Kelurahan, dengan jumlah sambungan sebanyak 2.500 rumah tangga.

“Pemasangan sambungan rumah ini, merupakan salah satu program Wali Kota Medan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan warga masyarakat Kota Medan,” tutur Gunawan.

Sementara itu, Direktur Air Limbah PDAM, Tirtanadi Heri Batangari Nasution, menyatakan dukungan penuh upaya untuk mensukseskan program ini.  Salah satunya dengan membentuk Kelompok Kerja (Pokja).

“Pokja yang akan memberikan sosialisasi dan penjelasan kepada warga masyarakat dan stakeholders mengenai manfaat program pemerintah tersebut. Salah satunya untuk mengurangi tingkat kerusakan lingkungan akibat pencemaran air limbah yang berasal dari rumah tangga, khususnya limbah tinja yang mengandung banyak bakteri e-coli, penyebab beberapa penyakit berbahaya dan mematikan.” tutup Heri.(wol/rdn/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

GP NasDem Kota Medan Siap Menangkan Pemilu 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Umum (Ketum) Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, menyerahkan Surat Keputusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: