_
Home / Medan / Pemerintah Harus Awasi Persaingan Tarif Ojol
WOL Photo

Pemerintah Harus Awasi Persaingan Tarif Ojol

MEDAN, Waspada.co.id – Aksi perang tarif ojek online (ojol) masih terjadi dan kian tidak sehat, sehingga melahirkan harga layanan transportasi berbasis aplikasi menjadi tidak masuk akal atau sangat murah.

“Sesuai dengan Kemehub 348/2019, pemerintah harus turun tangan mengatur persaingan bisnis ride hailing. Harga dapat di atur oleh pemerintah dengan cara menerapkan harga yang wajar menghitung biaya produksi dan lainnya secara rinci. Kemudian pemerintah harus mampu mengawasi persaingan usaha mereka di lapangan,” tutur Wakil Dekan Universitas Muslim Indonesia, Syamsuri Rahim, Rabu (8/5).

Di mana monopoli pasar tidak akan terjadi jika fungsi pemerintah sebagai regulator mampu mengatur kebijakan persaingan usaha di lapangan. Dengan peran pemerintah, pada akhirnya akan melahirkan kondisi pasar yang kompetitif dan lebih baik.

Sementara menurut, Pengamat Transportasi Universitas Muslim Indonesia, Lambang Basri Sair, bahwa ada dampak yang harus dipertimbangkan pemerintah terutama terkait dengan jumlah armada layanan online yang tidak dibatasi.

“Nanti jumlah kendaraan akan membengkak mengisi ruang jalan dalam keadaan kosong. Perlu ada kajian mendalam untuk rasionalisasi yang melahirkan regulasi pembatasan,” jelasnya.

Dalam aksi perang tarif diketahui Gojek terpaksa meladeni kompetitornya Grab dalam melayani ojek onlie di Indonesia. Untuk menghindari perkembangan pasar yang sehat, Gojek sempat disarankan untuk keluar dari zona perang tarif, dan tak terpancing melakukan aksi itu semakin dalam.

Ditambahkan Pengamat Industri Digital dari Universitas Indonesia, Harryadin Mahardika, bahwa ini sangat tidak sehat. Menggangu inovasi karena profit turun.

“Akibat banyak bakar uang di promo tarif dan dampaknya merugikan mitra pengemudi juga,” tandasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tarif Ojek Online Sudah Tahap Finalisasi di Kemenhub

JAKARTA, Waspada.co.id – Kemeterian Perhubungan (Kemenhub) masih menggodog tarif ojek online (ojol) agar mendapat besaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.