Home / Fokus Redaksi / Pembunuh Sadis Andi Lala Divonis Mati
WOL Photo/Ilham

Pembunuh Sadis Andi Lala Divonis Mati

MEDAN, WOL – Terdakwa otak pelaku pembunuhan satu keluarga di Jalan Mangaan Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli, Andi Matalata alias Andi Lala dijatuhi hukuman mati oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, pada sidang putusan, Jumat (12/1).

Mejelis hakim yang diketuai Dominggus Silaban menyatakan selain membunuh keluarga Riyanto di Mabar, Andi Lala juga terbukti melakukan pembunuhan terhadap Suherwan alias Iwan Kakek di Lubuk Pakam Kabupaten Deliserdang.

“Menimbang bahwa majelis hakim telah memutuskan terdakwa Andi Lala dijatuhi hukuman mati. Hal yang memberatkan terdakwa ialah selain menjadi pelaku pembunuhan serta menghilangkan 6 nyawa dan melanggar Pasal 340 Jo Pasal 55 ayat (1) ke (1) Jo Pasal 365 ke (1),” ucapnya di persidangan yang berlangsung di ruang Cakra VI PN Medan.

Kemudian, Dominggus juga membacakan putusan terhadap kedua terdakwa lainnya yakni Andi Syaputra dan Roni Anggara. Majelis hakim menjatuhi keduanya dengan hukuman 20 tahun kurungan penjara karena terbukti turut serta membantu Andi Lala pada peristiwa yang menewaskan satu keluarga Riyanto.

“Hal yang memberatkan kedua terdakwa membuat 5 orang meninggal 1 luka berat, tidak hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak, hal meringankan nihil serta melanggar Pasal 340 Jo 55 ayat (1) ke (1),” lanjutnya.

Usai mendengarkan putusan, tampak ketiga terdakwa menangis. Hingga dibawa pengawal tahanan menuju ruang tahanan, ketiganya saat ditanyai pun tetap menangis tanpa mengeluarkan sepatah dua kata kepada awak media.

Sebelumnya, pada sidang tuntutan, Andi Lala dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kadlan Sinaga. Sementara Andi Syahputra dituntut hukuman 20 tahun penjara dan Roni Anggara dituntut seumur hidup.

Perlu diketahui, dalam peristiwanya Andi Lala pertama kali melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap Suherwan alias Iwan Kakek dibantu oleh istrinya. Dalam hal ini diketahui, motif Andi Lala akibat kecemburuannya karena istrinya melakukan perselingkuhan dan menghabisi nyawa Iwan Kakek dengan membuang jasadnya di pinggir Simpang Jalan Desa Pagar Jati, Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang pada 2015 silam.

Tidak hanya itu, pembunuhan Iwan Kakek pun terungkap setelah Andi Lala kembali beraksi dengan menghabisi nyawa Riyanto beserta keluarga di Jalan Mangaan Kelurahan Mabar Kecamatan Deli pada April 2017 lalu.(wol/iam/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

BPH Migas-Polri Perkuat Sinergisitas Pengawasan Distribusi BBM

MEDAN, Waspada.co.id – Melakukan pengawasan dalam penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) di tengah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: