Home / Medan / Pelaku Pembakar Rumah Jalani Sidang Putusan
WOL Photo/Ilham

Pelaku Pembakar Rumah Jalani Sidang Putusan

MEDAN, WOL – Lima terdakwa pelaku pembakaran rumah yang menewaskan empat orang jiwa di kawasan Jalan Pertanian Kecamatan Medan-Tuntungan, jalani sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (16/1).

Adapun sidang yang berlangsung di ruang Cakra Utama serta diketuai majelis hakim Richard Silalahi menjatuhi hukuman penjara yang bervariasi kepada kelimanya.

Masing-masing terdakwa yakni Jaya Mita Beru Ginting selaku otak pembakaran divonis penjara seumur hidup, dan Cari Muli Beru Ginting, Maju Suranta Ginting serta Rudi Suranta Ginting yang berperan sebagai eksekutor dihukum 20 tahun kurungan penjara.

Selanjutnya, majelis hakim juga membacakan untuk satu terdakwa lainnya (berkas terpisah) Zulpan Nitra Purba selaku eksekutor dijatuhi kurungan penjara selama 18 tahun.

“Kelimanya secara sah dan menyakinkan terbukti bersalah melakukan pembakaran rumah dengan sengaja dan berencana sebagaimana diatur dan melanggar Pasal 187 KUHPidana ayat 3 Jo Pasal 55 ayat 1 ke (1),” ucapnya di persidangan.

Usai mendengarkan putusan, kelima terdakwa menyatakan terima dengan hukuman tersebut. Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang sebelumnya pada sidang tuntutan menuntut kelimanya seumur hidup, menyatakan banding.

Perlu diketahui, sebelumnya dalam dakwaan, terdakwa Jaya Mita Beru Ginting dan Cari Muli Beru Ginting berperan sebagai perencana pembakaran serta Maju Suranta Siallagan alias Maju Ginting, Rudi Suranta Ginting, Zulpan Nitra Purba berperan sebagai eksekutor pembakaran.

Selanjutnya, atas kejadian itu, keluarga Gandi Ginting yang saat itu sedang tidur yang terdiri dari istrinya Merita Beru Sinuhaji, anaknya Frengki Ginting serta kedua cucunya Kristin Beru Ginting dan Selvi Beru Ginting harus tewas mengenaskan di rumahnya Jalan Pertanian/Milala, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Rabu 5 April 2017, lalu. Adapun persitiwa itu dilatarbelakangi persoalan jual-beli tanah dan rumah yang belum terselesaikan antara korban dan terdakwa.(wol/iam)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Calhaj Asal Langkat Jatuh Saat Akan Shalat Ashar

MEDAN, Waspada.co.id – Jamaah calon haji (calhaj) asal Langkat atas nama Muhammad Sukardi (64) terjatuh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: