Home / Medan / Pedagang Pasar Bulan Demo Kantor Wali Kota
WOL Photo

Pedagang Pasar Bulan Demo Kantor Wali Kota

MEDAN, WOL – Puluhan pedagang yang tergabung dalam Forum Pedagang Pasar dan Pedagang Kaki Lima (FPKL) rayon kios Jalan Bulan berunjukrasa ke kantor Wali Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Selasa (4/4).

Aksi mereka tersebut, dipicu pernyataan Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan, yang akan menertibkan pedagang Pasar Jalan Bulan, Rabu (5/4) besok.

Ketua FPKL rayon kios Jalan Bulan, AP Luat Siahaan, mengaku siap digusur jika ada musyawarah dengan pedagang. Faktanya selama ini pedagang dipaksa agar mau direlokasi ke tempat yang telah ditentukan Pemko Medan.

“Kami siap untuk direlokasi. Tapi maunya ada musyawarah terlebih dahulu. Jangan main paksa yang selama ini dilakukan Dirut PD Pasar, Rusdi Sinuraya,” ketusnya saat unjuk rasa.

Ditambahkan, pihaknya sudah berulang kali menyurati Pemko Medan agar menunda relokasi sebelum adanya kesepakatan bersama mengenai lokasi relokasi.

“Kalau ada musyawarah, mana mungkin kami demo. Ini sama sekali kami tidak ada diajak untuk bermusyawarah. Malah main gusur saja. Apalagi ada oknum yang merusak kios kami. Terkesan ada pemaksaan,” sambungnya.

Dalam aksinya, massa FKPL menyampaikan enam tuntutan. Pertama, pedagang yang sudah direlokasi ke kios penampungan Jalan Bulan Medan agar tetap bisa berjualan seperti biasa. Kedua pedagang seharusnya diberikan bantuan sosial modal usaha untuk kemajuan hidup usaha para pedagang (UKM) sesuai program pemerintah untuk memajukan usaha kecil.

Ketiga Wali Kota Medan dan Dirut PD Pasar segera memberikan rekomendasi kepada para pedagang kios Jalan Bulan (FKPL) agar segera mengeluarkan surat izin perpanjangan untuk berdagang kembali. Keempat, Kapoldasu dan Kapolrestabes Medan agar segera menangkap oknum yang merubuhkan kios pedagang terjadi tanpa persetujuan pedagang.

Kelima, Wali Kota Medan harus segera membatalkan SK No. 511.3/0917/PDPKM/2017 tentang pengosongan tempat berjualan kios/stand meja pasar penampungan Jalan Bulan Medan. Dan terakhir pedagang meminta Wali Kota Medan serta PD Pasar melestarikan relokasi yang sudah ditetapkan oleh Wali Kota Medan sebelumnya. Bukan malah mengobrak abrik para pedagang.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Inilah Peran Orangtua Terhadap Anak Sekolah Dalam Penggunaan Gadget

MEDAN, Waspada.co.id – Perkembangan teknologi di masa sekarang menjadikan sebagian pola pikir masyarakat Indonesia juga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: