Home / Medan / PDI Perjuangan gelar konferensi pemilihan Ketua DPC

PDI Perjuangan gelar konferensi pemilihan Ketua DPC

PDI Perjuangan gelar konferensi pemilihan Ketua DPC

CAESSARIA INDRA DIPUTRI

WASPADA ONLINE

MEDAN – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyelenggarakan konferensi cabang untuk memilih ketua partai di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara.

Kesembilan kabupaten/kota yang mengikuti konferensi di Asrama Haji Medan yakni Kota Medan, Tebing Tinggi, Binjai, Kabupaten Deliserdang, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, dan Langkat.

Ketua DPD PDIP Sumut Panda Nababan mengatakan, seluruh calon itu telah melalui proses penjaringan dari tingkat cabang, ranting, hingga anak ranting. Panda menyebutkan, nama-nama calon ketua PDIP untuk sembilan kabupaten/kota tersebut sudah dibawa ke pengurus pusat di Jakarta, termasuk nilai uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilaksanakan.

 

Dengan mempertimbangkan nilai uji kelayakan dan kepatutan tersebut, pengurus pusat akan mengeluarkan tiga nama calon untuk setiap kabupaten/kota.

Ketiga calon tersebut diinstruksikan untuk bermusyawarah guna mengambil mufakat tentang sosk yang disepakati menjadi ketua terpilih yang sekaligus ketua tim formatur.

“Kalau tidak ada mufakat, DPP yang akan memutuskan (ketua terpilih),” katanya, hari ini.

Ia yakin bahwa seluruh kader dan pengurus di tingkat kecamatan akan menerima seluruh hasil yang didapatkan, termasuk kemungkinan pengurus pusat yang memutuskan jika tidak ditemukan mufakat.

Menurut Panda, konsep musyawarah mufakat tersebut dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisir potensi konflik dan praktik politik uang (money politic) dalam pemilihan calon ketua di lingkungan PDIP.

“Kalau dengan pola sekarang, mau ditabur kemana (jika menerapkan politik uang),” katanya.

Editor: SASTROY BANGUN
(wol)

Check Also

Dukung Jokowi- Ma’ruf Amin, PDIP Akan Munculkan Wacana Bekerja Untuk Indonesia, Bukan Politik Identitas

MEDAN, Waspada.co.id – Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah mendaftar ke Komisi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: