Home / Medan / PD Pasar Bungkam, P3TM Ambil Alih Kelola Pasar Marelan
Wakil Ketua Komisi C DPRD Medan, Mulia Asri Rambe. (WOL Photo)

PD Pasar Bungkam, P3TM Ambil Alih Kelola Pasar Marelan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Ketua Komisi C DPRD Medan, Mulia Asri Rambe (Bayek), meminta Pemko Medan berperan aktif dalam melindungi dan membina pedagang tradisional khususnya pedagang Pasar Marelan. Sebab, PD Pasar Kota Medan di bawah kepemimpinan Rusdi Sinuraya dianggap mandul mengayomi para pedagang, sehingga Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Marelan (P3TM), organisasi yang menaungi pedagang tradisional ini sangat berkuasa dan berhasil mengobok-obok para pedagang hingga resah.

“Sesuai Permen, PD Pasar yang menata dan mengelola pasar. Bukan P3TM, yang berkuasa mengatur segalanya. Alhasil, sebagian pedagang tidak terakomodir. Ada apa PD Pasar tidak berkutik atau mandul,” ketusnya, Kamis (23/8).

Parahnya lagi, pedagang dipaksa P3TM membayar harga kios diluar ketentuan yang ditetapkan Sekda Kota Medan. PD Pasar tidak sanggup mengamankan Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Kota Medan Nomor 511.3/25/79 perihal penetapan harga kios, stand meja di Pasar Marelan.

Bayek menambahkan, pedagang dibebankan harga kios mulai Rp15 juta hingga Rp20 juta. Jelas hal itu melanggar ketentuan yang ditetapkan Pemko Medan. “Inikan sudah menyalah, tapi PD Pasar kok diam,” ujarnya dengan nada heran.

Politisi Golkar ini meminta PD Pasar melindungi pedagang serta memberi ketenangan di Pasar Marelan.

“Minggu depan (Selasa, 28 Agustus 2018, red) kita akan gelar pertemuan untuk membahas keluhan para pedagang di ruangan rapat Komisi C,” bebernya.

Bayek pun siap menjamin kenyamanan pedagang di Pasar Marelan terkait dugaan adanya intimidasi dari pengurus P3TM.

“Kasihan pedagang kecil dibebankan kios mahal. Karena tidak sanggup lantas diintimidasi,” kenang Ketua AMPI Kota Medan ini.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Penambahan Rp3 Miliar Untuk e-KTP Sangat Urgent dan Prioritas”

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemko Medan, Irwan Ritonga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: