Home / Medan / PBDB Online Tahun Ini Dinilai Lebih Baik
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Utara, Abyadi Siregar. (WOL Photo)

PBDB Online Tahun Ini Dinilai Lebih Baik

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Utara Abiyadi Siregar, mengatakan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) “online” di SMA Negeri maupun di SMK Negeri di Medan, pada tahun 2018 ini lebih baik.

“Seleksi yang dilaksanakan tersebut, cukup adil dan tranparan dan tidak ditemui adaya permainan penerimaan siswa SMA,” kata Abiyadi, di Medan, baru-baru ini.

Rekrutmen PPDB yang dilaksanakan sekolah tersebut, menurut dia, telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018, hal ini perlu disambut baik dan didukung oleh masyarakat.

“Apa yang selama ini, diharapkan oleh masyarakat dan orang tua siswa agar dalam penerimaan PPDB itu, berlangsung jujur, adil, dan tranparaan sudah dapat tercapai dengan baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, PPDB online Tahun 2018 ini, dapat diantisipasi terjadinya kecurangan seperti yang terjadi selama ini.

Karena, selama ini anak-anak dari kalangan pejabat dan orang tua yang mampu bisa saja “mengatur” dengan uang Rp20 juta untuk memasukkan anaknya ke sekolah SMA favorit yang ada di Medan.

Namun, dengan adanya penerimaan PPDB itu, mereka tidak dapat berbuat seenaknya dan harus melalui ketentuan PPDB, serta harus dipatuhi orang tua siswa.

PPDB tersebut, dapat mencegah penyimpangan seperti pungli, jual beli kursi, menyogok guru, praktik percaloan, dan pelanggaran hukum lainnya yang merugikan pendidikan.

Selain itu, pelaksanaan zonasi terlaksana dengan baik, tidak ada lagi pembuatan kelas tambahan, perpindahan murid dari luar zonasi.Dan siswa yang berlalamat di sekitar lokasi sekolah dapat tertampung.

“Melalui penerimaan PPDB itu, diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya SMA, SMK dan siswa lannya, juga mempercepat pemerataan di sektor pendidikan,” kata Ketua Ombudsman Sumut itu. (ags/ant/data2)

Check Also

Mendikbud: Semua Sekolah Harus Favorit, Tak Boleh Ada ‘Buangan’

PADANG, Waspada.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengakui saat ini masih ada beberapa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: