Breaking News
Home / Medan / Pasar Muara Takus Jadi Rumah Kos, Ini Kata Dewan
WOL Photo
WOL Photo

Pasar Muara Takus Jadi Rumah Kos, Ini Kata Dewan

MEDAN, WOL – Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan, Syarif Armansyah Lubis, mengaku kalau bantuan pemerintah pusat merevitalisasi Pasar Muara Takus di Kecamatan Medan Polonia dibatalkan pada tahun 2016 lalu. Hal itu disebabkan salah satu pasar tradisional itu sudah berubah fungsi menjadi rumah kos-kosan.

Dikatakan, Pemko Medan mendapatkan jatah dua pasar yang bakal direvitalisasi. Diusulkan, Pasar Muara Takus dengan anggaran Rp6,5 miliar dan Pasar Aksara Rp35 miliar. Pembatalan revitalisasi Pasar Muara Takus dikarenakan sudah berubah fungsi, sementara Pasar Aksara masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian karena terbakar.

“Tahun 2016 tim Kementerian Perdagangan sudah survei ke Pasar Muara Takus. Begitu dicek, ketahuan di situ jadi tempat kos-kosan. Usulan ditolak,” bebernya saat dimintai keterangan oleh Komisi C DPRD Medan dalam rapat evaluasi kinerja SKPD, kemarin.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan ini menambahkan, kondisi berubah fungsinya Pasar Muara Takus sudah ia laporkan kepada Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin. Ia menjelaskan, Wali Kota langsung memerintahkan dirinya agar dapat mengosongkan para penghuni dan mengembalikan fungsinya menjadi pasar tradisional yang berpotensi memberi pendapatan bagi Kota Medan.

Mengantisipasi kondisi ini, Dinas Perdagangan mengusulkan jatah revitalisasi Pasar Aksara dialihkan ke Pasar Palapa Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat dan Pasar Halat di Jalan Halat Kecamatan Kota. “Sifatnya kementerian ini, kalau sudah ditolak, tidak bisa diusulkan lagi. Ini kita coba usulkan ke Pasar Halat dan Palapa,” urainya.

Menanggapi penjelasan itu, Ketua Komisi C DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan, menyarankan kepada seluruh anggota Komisi C yang berhadir dalam rapat di antaranya Andi Lumbangaol (PKPI) dan Dame Duma Sari Hutagalung (Gerindra) untuk meninjau langsung Pasar Muara Takus yang sudah berubah fungsi tersebut.

“Kita agendakan melihat langsung ke sana, kenapa bisa pasar menjadi kos-kosan,” heran politisi PDI Perjuangan ini.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

AP

Israel Serang Kelompok Hamas Gaza

GAZA, WOL – Israel melancarkan serangkaian serangan udara dengan target kelompok Hamas di Gaza pada ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.