_
Home / Fokus Redaksi / Paparan Kabut Asap Hingga ke Medan Mulai Pengaruhi Jarak Pandang
Bangunan gedung tertutup kabut asap di Kota Medan, Kamis (19/9). Kabut asap diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau serta sejumlah wilayah di Sumatera Utara menyelimuti Kota Medan dan menyebabkan jarak pandang terbatas sekaligus berbahaya bagi kesehatan masyarakat. (WOL Photo/Ega Ibra)

Paparan Kabut Asap Hingga ke Medan Mulai Pengaruhi Jarak Pandang

JAKARTA, Waspada.co.id – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Sumatera meluas hingga ke sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) dalam beberapa hari terakhir.

“Hari ini hampir seluruh wilayah di Sumatera Utara diselimuti kabut asap akibat karhutla,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, Minggu (22/9).

Sumber: BBMKG Wilayah I Medan

Dia mengatakan meski diselimuti kabut asap, kondisi masih terkendali. Namun, kata dia, di bandara menunjukkan ada penurunan visibility atau jarak pandang sekitar 4 hingga 5 km karena terselimuti kabut asap tipis yang teramati dari Stasiun Meteorologi Binaka.

“Kondisi saat ini masih terbilang cukup aman. Untuk jarak pandang di Bandara Kualanamu ada 1.600 meter, untuk Gunung Sitoli 5.000 meter, Sibolga 2.100 meter dan Aek Godang 500 meter,” jelasnya.

Sementara itu, untuk hot spot atau titik panas dari pukul 07.00 WIB hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua) terdapat 3 titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

“Yakni di Kabupaten Labuhanbatu, Kecamatan Panai Tengah ada 2 titik, dan di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kecamatan Kwaluh Hilir ada 1 titik hot spot,” katanya.

Hal tersebut juga diakui Forecaster BBMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita, di mana kabut asap dari karhutla di berbagai wilayah di Indonesia juga berdampak hingga ke Medan, hingga Minggu (22/9) sore ini.

“Iya, masih asap kiriman,” ujarnya saat dikonfirmasi Waspada Online via Whatsapp, Minggu (22/9) sore. (wol/cnnindonesia/data2)

Check Also

Setelah Diselimuti Asap Tebal, Pekanbaru Kini Kebanjiran

PEKANBARU – Setelah diselimuti kabut asap tebal, hujan lebat mengguyur Kota Pekanbaru sore hingga petang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.