Home / Medan / Pakai Helm Nakhoda Kapal Selamatkan Diri dan Tinggalkan 199 Penumpang
WOL Photo

Pakai Helm Nakhoda Kapal Selamatkan Diri dan Tinggalkan 199 Penumpang

MEDAN, Waspada.co.id – Poltak Soritua Sagala nakhoda sekaligus pemilik Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba telah ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam pemeriksaan, Poltak tidak memiliki izin untuk berlayar dan tetap memaksakan kapal berlayar membawa 199 penumpang. Padahal BMKG telah mengingatkan kondisi cuaca buruk di Danau Toba.

WOL Photo

Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Senin (25/6), mengatakan tersangka Poltak ditangkap setelah selamat dalam musibah kapal tenggelam. Tersangka selamat dengan cara memilih lompat ke danau dan meninggalkan 199 penumpang di dalam kapal.

“Dengan menggunakan helm, tersangka nakhoda berenang menyelamatkan diri,” ungkapnya di Mapolda Sumut.

Selain menangkap tersangka Poltak, sambung Paulus, turut diamankan Karnilan Sitanggang pegawai honor Dishub Samosir selaku anggota Kapos Pelabuhan Simanindo, Kapos Pelabuhan Simanindo Golpa F. Putra PNS Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir dan Rihad Sitanggang Kabid ASDP (Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Perairan).

Sementara itu, Dir Reskrim Poldasu, Kombes Pol Andi Rian, mengungkapkan keempat tersangka dikenakan Pasal 302 atau Pasal 303 UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran Jo Pasal 359 KUHPidana, Dengan pidana kurungan selama 10 tahun dan denda sebesar Rp1,5 miliar, Jo Pasal 359 KUHPidana penjara selama-lamanya 5 tahun.

“Sampai saat ini kasusnya masih terus dikembangkan untuk menangkap tersangka lain,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Poldasu Bekuk 7 Penculik, Salah Satunya Oknum Polri

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Subdit III/Umum Unit 3 Ditreskrimum Polda Sumut, meringkus komplotan pelaku penculikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: