Home / Medan / Operasi Pekat 2018, Polsek Lolowau Sita 70 Liter Tuak Nias
WOL Photo/Gacok

Operasi Pekat 2018, Polsek Lolowau Sita 70 Liter Tuak Nias

MEDAN, Waspada.co.id – Petugas Kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan Jumat (01/06) dini hari, melaksanakan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) 2018.

Dalam operasi tersebut, polisi menyita 2 jerigen minuman keras tuak suling/tuo nifaro dengan volume sekitar 70 liter dan lainnya.

Kapolres Nias Selatan, AKBP Faisal F. Napitupulu SH SIK MH, ketika dikonfirmasi Waspada Online melalui telepon seluler dari Medan, Jumat (1/6), membenarkan penangkapan tersebut.

“Iya dini hari tadi kita gelar operasi pekat dan kita amankan 1 unit sepeda motor membawa 2 jerigen yang berisi tuak suling,” ungkap mantan Kapolsek Medan Sunggal.

Saat sedang melakukan razia, lanjut Faisal, berawal Kapolsek Lolowau Iptu A. Yunus Siregar cepat menurunkan personilnya bahwa warga mengendarai sepeda motor dengan nomor kendaraan BB 4284 VK, gerak-geriknya mencurigakan.

Dengan santun, personil memerintahkan kendaraan yang dikendarai Fiktor Halawa Alias Ama Delfia (26), warga Desa Bawolahusa Kecamatan Mazino Kabupaten Nias Selatan, berhenti.

Ketika diperiksa barang bawaannya berupa jerigen ternyata berisi cairan minuman keras tuak suling. Selanjutnya dia bersama barang bawaan diboyong  ke polsek untuk kita mintai keterangan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Fiktor, mengaku bahwasanya tuak suling dengan volume sekitar 70 liter tersebut dibeli dari Ama Faris Gulo di Desa Ehosakozi, Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan dan akan di jual ke Desa Bawolahusa, Kecamatan Mazino, Kabupaten Nias Selatan.

Kemudian Fiktor kita data dan buat surat perjanjian agar tidak menjual minuman keras lagi, sementara barang bukti 2 jerigen tuak suling kita sita,” tegasnya.

Faisal Napitupulu yang juga mantan Kapolsek Medan Helvetia menyatakan akan terus melakukan operasi minuman keras Tuak Nias, di wilayah hukum  Polres Nias Selatan khususnya Polsek Lolowau.

“Operasi Pekat akan terus kita lakukan di Bulan Suci Ramadhan sesuai instruksi Kapolda Sumut, agar masyarakat terasa nyaman dan aman melaksanakan ibadah serta untuk mencegah timbulnya permasalahan di masyarakat. Razia ini juga sekaligus merespon laporan masyarakat Kecamatan Lolowau dan menegakkan Perbup Nias Selatan Nomor: 04.20_33 Tahun 2017 tentang Larangan Minuman Beralkohol di Kabupaten Nias Selatan,” ujarnya.

Ditambahkan, razia dan huting terus dilakukan agar suasana bulan Suci Ramadhan dan Pilkada 2018 mendatang tetap kondusif dan aman terkendali.(wol/gacok/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Kapolda Sumut Supel dan Rendah Hati”

TELUKDALAM, Waspada.co.id – Sambutan hangat diberikan masyarakat Nias Selatan kepada Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: