Home / Medan / Ombudsman Sumut Laporkan Kecurangan UN ke Kemendikbud
Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar (WOL Photo/Ega ibra)

Ombudsman Sumut Laporkan Kecurangan UN ke Kemendikbud

MEDAN, WOL – Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara akan menyampaikan temuan lembaran kertas yang diduga kunci jawaban Ujian Nasional dari peserta ujian SMA Negeri 2 Medan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kertas yang ditemukan Asisten Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Tetty Silaen tersebut berada di ruang 17 SMA Negeri 2.

Kertas tersebut diambil dari seorang siswi saat ujian sedang berlangsung. Siswi tersebut didapati sedang membuka dompet yang di dalamnya terdapat dua lembar kertas kecil, yang diduga kunci jawaban Bahasa Indonesia, bertuliskan angka dan huruf yang diketik rapi dan difotokopi.

Sedangkan satu kertas lagi isinya serupa dengan kertas pertama hanya saja ditulis tangan dengan pensil.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar, menilai dengan adanya temuan-temuan ini, pelaksanaan UN di Sumut, terutama Medan masih belum sesuai SOP UN.

“Ini menunjukkan integritas pelaksanaan UN di Sumut, khususnya Medan masih dipertanyakan. Masih ada kelemahan kita temukan, karena sebaik apapun sistem yang kita bangun kalau oknumnya tidak memiliki niat untuk jujur, maka akan tetap ada peluang untuk melakukan kecurangan,” tegas Abyadi.

Sementara Kepala SMAN 2 Medan, Sutrisno, mengaku tidak mengetahui adanya temuan tersebut. Namun dia menegaskan dan meyakini siswanya tidak melakukan kecurangan.

“Kita mengajarkan anak-anak kita untuk jujur dan sudah menyiapkkan mereka melalui bimbingan. Saya yakin itu tidak ada di sini,” kata Sutrisno.(wol/cza/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

PGN Pastikan Proses Akuisisi Pertagas Tetap Lanjut

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai bagian tahapan pembentukan Holding BUMN Migas, PT Perusahaan Gas Negara Tbk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: