Home / Medan / Oknum Polisi Pembuat SIM Palsu Sudah 3 Bulan Tak Bertugas
WOL Photo/Lihavez

Oknum Polisi Pembuat SIM Palsu Sudah 3 Bulan Tak Bertugas

MEDAN, WOL – Oknum anggota Yanma Polda Sumut berinisial RF pelaku pembuatan dan penjual Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu sudah tiga bulan tidak bertugas.

“Dari pemeriksaan terhadap tersangka FR anggota Yanma Polda Sumut sudah tiga bulan tidak bertugas,” terang Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Sabtu (30/9).

Dijelaskan, dalam penggerebekan rumah di Jalan Setia Luhur, Gang Arjuna, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia, yang dijadikan lokasi pembuatan SIM palsu meringkus tiga orang tersangka, yakni HR, IR dan RF.

“Untuk RF memiliki hubungan keluarga dengan HR sehingga mereka tinggal dengan mengontrak rumah yang dijadikan sebagai lokasi pembuatan SIM palsu tersebut,” jelas Kapoldasu.

Paulus menuturkan dalam modusnya tersangka RF mencari korban (masyarakat-red) yang membutuhkan SIM. Dengan profesinya sebagai anggota Polri tersangka menyakinkan korban membuat SIM tanpa melalui prosedur yang telah ditetapkan. Setelah korban yakin kemudian tersangka meminta identitas korban sebagai data pembuatan SIM palsu.

“Selanjutnya tersangka RF menyerahkan semua data identitas kepada tersangka HR yang berperan sebagai pembuat SIM. Hanya butuh waktu beberapa menit tersangka HR mampu mengerjakan pembuatan SIM palsu,” tuturnya.

Dalam penangkapan, sambung dikatakan Paulus, petugas berhasil menyita 1 ton SIM bekas yang sudah tidak digunakan. Pembuatan SIM palsu dengan cara membeli SIM bekas lalu datanya dihapus. Selanjutnya dengan menggunakan laptop dicetak nama pemesan dan data ditempelkan menggunakan lakban pada SIM bekas lalu dilaminating.

“Untuk SIM asli ada hologram bendera merah putih di belakang blanko. Sementara SIM palsu tidak ada hologram merah putih (polos),” pungkasnya.(wol/lvz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapoldasu Pastikan Personil Siap Amankan Pemilu 2018

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto SH, menyaksikan Latihan Kontijensi Mantap Brata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: