Breaking News
Home / Fokus Redaksi / “Oknum Hakim PN Medan Merasa Hebat dan Langgar Kode Etik”
WOL Photo/Ilham
WOL Photo/Ilham

“Oknum Hakim PN Medan Merasa Hebat dan Langgar Kode Etik”

MEDAN, WOL – Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, Erintuah Damanik, menyampaikan kepada Waspada Online, terpergoknya dua hakim melakukan sidang, yakni Javerson Sinaga dan Sabarulina Ginting, telah melanggar kode etik prilaku hakim.

Dari pantauan Waspada Online, kedua hakim tersebut menyidangkan perkara kasus pencurian di Ruang Kartika PN Medan, Kamis (23/11) sore.

Perlu diketahui, sebelumnya tepat sehari yang lalu, Rabu (22/11) peristiwa itu juga terjadi dilakukan Hakim Dominggus Silaban dan Aimafni Arli dalam menyidangkan kasus narkotika beragendakan tuntutan yang dilangsungkan di lantai II Ruang Tirta.

“Mereka ini sudah melanggar kode etik prilaku hakim, Undang Undang Peradilan Umum dan Undang Undang Mahkamah Agung,” ungkap Erintuah saat ditemui di ruang kerjanya.

Padahal telah disebutkan dan diatur dalam Undang Undang (UU) Kekuasaan Kehakiman Pasal 11 ayat (1) dan (2) pengadilan memeriksa, mengadili dan memutus perkara dengan susunan majelis sekurang-kurangnya tiga orang hakim, kecuali undang-undang menentukan lain. Dan dalam susunannya, pada bunyi Ayat 1, terdiri seorang hakim ketua dan dua hakim anggota.

“Padahal mereka para hakim sudah diingatkan agar sidang sesuai dengan ketentuan. Kalau begini mereka sepertinya sudah merasa hebat, dan tindakan para hakim yang menggelar sidang dengan dua hakim telah mencederai persidangan,” katanya.

Berharap agar kejadian tersebut tidak teruluang lagi. Humas juga menegaskan, akan melaporkan hal itu kepada Kepala PN Medan Masrudin Nainggolan, Senin (27/11) mendatang.

“Hari Senin akan saya laporkan mereka ini ke Kepala PN Medan. Karena saat ini dia tengah berada di Kota Bandung, Jawa Barat,” pungkasnya.(wol/iam)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Lihavez

Polisi Tangkap Perampok dan Pemerkosa Karyawan Toko Roti

MEDAN, WOL – Tim Reskrim Polsek Kutalimbaru meringkus pelaku perampokan dan pemerkosaan terhadap Yanti Kumala ...

  • awesome

    Numpang iklan Yah Min… :)
    Cumapoker Ada Games Poker, DominoQQ, BandarPoker, BandarQ, aduQ, Capsa Susun, Bandar Sakong

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.