Breaking News
Home / Medan / Novita, Wanita Paling Berpengaruh di Asia Bagi Pengalaman ke Wartawan
Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita J Rumngangun (kiri depan), bersama wartawan Waspada Online, Muhammad Rizki (tengah) dan sejumlah wartawan Medan lainnya.(foto: Ist)
Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita J Rumngangun (kiri depan), bersama wartawan Waspada Online, Muhammad Rizki (tengah) dan sejumlah wartawan Medan lainnya.(foto: Ist)

Novita, Wanita Paling Berpengaruh di Asia Bagi Pengalaman ke Wartawan

MEDAN, WOL – Kesuksesan bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan. Di balik kesuksesan itu pasti ada kerja keras, keuletan, ketekunan dan niat yang besar dalam meraih kesuksesan itu sendiri. Begitu pula kisah sukses yang diraih Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita J Rumngangun di dunia industri asuransi.

Akhir pekan lalu, peraih penghargaan sebagai 50 wanita paling berpengaruh di Asia di ajang 7th CMO Asia Awards for Excellence in Branding and Marketing itu hadir di Medan untuk berbagi pengalaman kepada sejumlah wartawan. Nona, begitu sapaan akrabnya, sengaja meluangkan waktu ke Medan untuk berbagi pengalaman tentang penghargaan yang baru saja diraihnya.

“Bagi saya Kota Medan sangat spesial karena saya lahir dan dibesarkan di sini. Karena itu terimakasih untuk dukungan rekan-rekan wartawan di Medan,” tutur Novita belum lama ini, di mana saat bersamaan dengan kedatangannya ke Medan, ia juga membatalkan jadwal kerjanya ke Hongkong.

Dijuluki sebagai salah satu pemimpin wanita terbaik di Asia merupakan prestasi luar biasa dan sangat membanggakan. Novita tidak hanya orang Indonesia pertama yang berhasil menyabet gelar di bidang branding dan marketing, tetapi juga satu-satunya pemenang dari industri dimana perempuan Asia seringkali kurang terwakili dalam peran kepemimpinan.

Menurut Novita, deretan prestasi yang diraihnya saat ini bukan datang begitu saja. Tapi merupakan buah pengalamannya selama 20 tahun berkarir di industri asuransi. “Saya memulai karir di dunia asuransi dari nol. Mulai dari agen, bahkan menyebarkan brosur produk-produk asuransi,” ujarnya.

Di awal, wanita kelahiran Medan 20 Juli 1970 berkecimpung dalam dunia asuransi, banyak orang yang memandangnya sebelah mata. Apalagi 20 tahun lalu, belum banyak orang yang mengenal apa itu asuransi. Tapi dia tak mau mundur. Justru dia memfokuskan diri pada dunia yang menurut publik itu masih asing. Hebatnya lagi, Novita sama sekali belum pernah bekerja di industri lain. Dirinya selama 20 tahun terakhir, secara total mengabdi pada dunia asuransi.

Meski harus pindah-pindah perusahaan, tekadnya tetap kuat untuk mengabdi. Baginya, industri asuransi mengajarkan dirinya sebagai manusia sosial, memahami dan mengerti arti sebuah kehidupan. Ini tak terlepas sebuah pengalaman yang dirasakannya langsung. Bagaimana ketika perusahaan tempat dia bekerja, memberikan santunan pada sebuah keluarga yang kehilangan kepala rumah tangga.

“Ketika itu, istrinya bingung harus bagaimana. Sementara dia punya anak yang masih berusia 3 bulan. Dia tidak tahu kalau suaminya ikut asuransi. Begitu klaim asuransinya dibayar, ibu itu merasa sangat bersyukur karena masa depan pendidikan anaknya sudah ditanggung asuransi. Sejak saat itu, motivasi saya untuk berkarya di dunia asuransi semakin kuat. Bagi saya asuransi ini bukan hanya sebuah industri, tapi juga sebuah wadah sosial yang bisa memberikan kebaikan bagi manusia,” tuturnya.

Soal keberhasilan menyabet penghargaan Asia’s 50 Women Leaders, Novita harus bersaing dulu dengan 350 finalis yang terdiri dari para ahli pemasaran profesional dari berbagai industri yang berbeda di 11 negara Asia, termasuk Australia. Tak ayal, prestasi ini menjadikan Novita sebagai satu-satunya pemenang dari industri asuransi dan orang Indonesia pertama yang meraih penghargaan tersebut. Sebuah pengakuan atas kontribusinya di bidang branding dan marketing.(wol/rls/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Ilustrasi

Rupiah Menguat 26 Poin di Rp13.229 Per Dolar AS

JAKARTA, WOL– Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa (19/9) pagi, bergerak menguat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.