Home / Medan / Normalisasi Parit PTP di Marelan Untuk Antisipasi Banjir
WOL Photo

Normalisasi Parit PTP di Marelan Untuk Antisipasi Banjir

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, meninjau parit PTP di Kecamatan Medan Marelan, Kelurahan Tanah 600, Senin (30/7).

Wakil Wali Kota ditemani anggota DPRD Kota Medan Surianto, Camat Medan Marelan Tengku Khairunisa, Lurah Tanah 600 Ramli Lubis, dan seluruh kepala lingkungan, meninjau parit PTP di perbatasan Kota Medan dengan Kabupaten Deliserdang. Parit ini kondisinya sekarang sudah tertutup dengan rumput, patahan kayu, dan lumpur.

Sebelum tahun 2017, parit PTP ini tertutup total, sehingga bila turun hujan deras banyak rumah yang kebanjiran. Dan di awal tahun 2017 lalu, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk membuka kembali parit tersebut dengan tujuan agar di musim hujan air dapat tertampung dan terus menuju Sungai Bederah.

Wakil Wali Kota, Akhyar Nasution, dalam arahannya kepada lurah dan kepala lingkungan (kepling) untuk melakukan gotong royong secara rutinitas setiap minggunya agar parit PTP ini tidak tertutup kembali.

“Kalau ada kepling yang tidak menjalankan, camat bisa lapor ke saya,” tegas Wakil Wali Kota.

Mengatasi penyumbatan ini Camat Medan Marelan, Tengku Khairunisa, mengarahkan 30 personil Petugas Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) untuk melakukan pembersihan.

Jika parit PTP yang memiliki panjang 2,5 kilo meter dan lebar lebih kurang 2 meter ini bersih dari penyumbatan, diapstikan parit ini mampu menampung jutaan kubik air yang datang dari hulu untuk dialirkan ke sungai.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Penyebab Banjir di Kawasan HM Yamin dan Sutomo Mulai Teratasi

MEDAN, Waspada.co.id – Banjir yang kerap menghantui warga Kecamatan Medan Timur kini dapat teratasi. Pasalnya, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: