Home / Medan / Nasib Guru Honor Negeri Ibarat Digantung Tak Bertali
Anggota Komisi B DPRD Medan, Surianto SH. (WOL Photo/M. Rizki)

Nasib Guru Honor Negeri Ibarat Digantung Tak Bertali

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi B DPRD Medan, Surianto SH, mendesak Dinas Pendidikan Kota Medan segera mendata seluruh guru honor sekolah negeri berdasarkan masa kerjanya. Pasalnya, DPRD Medan telah menganggarkan dana sebesar Rp15 miliar yang diperuntukkan kepada 1.962 guru honor.

“Pendapatan guru honor masih jauh dari kata laik. Itu harus menjadi perhatian serius Wali Kota Medan. Kita juga meminta pendataannya akurat. Jangan ada dipungli. Jadi, guru honor sekolah negeri itu benar-benar sejahtera hidupnya,” tegasnya, Rabu (28/11).

Butong, sapaan akrabnya menambahkan, guru honor sekolah negeri yang penggajiannya diambil dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kerap terlambat. Untuk itu dirinya mendesak Dinas Pendidikan Medan lebih proaktif berkoordinasi ke bagian keuangan Sekratriat Daerah Kota Medan.

“Memang, gaji mereka (guru honor, red) berfariatif. Ada yang menerima Rp300 ribu hingga Rp700 ribu setiap bulannya. Dan mereka menerima gaji itu di bulan keempat. Sudah gajinya kecil, ada pula informasi terlambat diberikan. Kan kasihan kita dengan kondisi mereka. Padahal mereka sangat berharap dengan gaji itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ketusnya.

Sementara itu, Waspada Online mencoba menghubungi Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Ramlan Tarigan, guna mengetahui sudah sejauh mana pendataan para guru honor tersebut. Sebab, di masa kepemimpinan mantan Kepala Dinas Pendidikan (Hasan Basri, red), berjanji akan mendata.

Akan tetapi, hingga saat ini belum jelas sudah seperti apa pendataannya. Sehingga, nasib para guru honor terkesan digantung tak bertali.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tingkatkan Kreatifitas Guru PAUD, Lomba Daur Ulang Bahan Bekas Digelar

MEDAN, Waspada.co.id – Alat Permainan Edukatif (APE) merupakan jenis alat bermain yang digunakan oleh anak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: