Home / Medan / Nahkoda Kapal KM Sinar Bangun Langgar Aturan
WOL Photo

Nahkoda Kapal KM Sinar Bangun Langgar Aturan

MEDAN, Waspada.co.id – Sampai saat ini tim gabungan masih melakukan evakuasi korban dan menyelidiki penyebab karamnya Kapal KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6) sore kemarin.

Menurut Kapolres Simalungun, AKBP M Liberty, dalam kasus kapal tenggelam yang membawa puluhan penumpang ada beberapa dugaan pelanggaran yang dilakukan nakhoda.

Nakhoda kapal bukan hanya tidak memiliki manifes penumpang, tapi telah menyalahgunakan fungsi KM Sinar Bangun sebagai kapal wisata menjadi kapal angkut. Sebab ada puluhan kendaraan bermotor di dalam kapal.

“Kita belum tahu berapa korban yang hilang. Namun dari informasi saksi -saksi, kapal ini sudah kelebihan muatan,” tuturnya melalui telepon selulernya kepada wartawan di Medan, Selasa (19/6).

Selain itu, sambung Liberty, beban yang sudah di luar batas normal itu membuat kapal oleng ketika diterjang ombak besar.

“Namun begitu, sampai saat ini kita masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kapal tenggelam tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, Puluhan punumpang terpaksa melompat menyelamatkan diri setelah Kapal KM Sinar Bangun yang ditumpangi, Senin (18/7) sore tenggelam di Perairan Danau Toba.

Dari video beredar yang berhasil diperoleh Waspada Online, terlihat tanpa menggunakan pelampung ataupun alat bantu keselamatan para korban kapal tenggelam berenang meminta bantuan petugas yang melakukan evakuasi.

Kasubbid Penmas Poldasu, AKBP MP Nainggolan, mengungkapkan kapal penumpang yang tenggelam itu tepatnya di Perairan Danau Toba antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

“Sekitar 70 penumpang yang ada di dalam kapal tenggelam di Danau Toba,” tukasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kemenpar Apresiasi Layanan Google Street View Danau Toba

PARAPAT, Waspada.co.id – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengapresiasi layanan Google Street View Special Collect Danau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: