Home / Medan / Mutu Pendidikan Madrasah Meningkat di Bawah Naungan Kemenag
WOL Photo

Mutu Pendidikan Madrasah Meningkat di Bawah Naungan Kemenag

MEDAN, WOL – Mutu layanan pendidikan semakin meningkat di bawah naungan Kementerian Agama. Salah satu indikator peningkatan layanan pendidikan tersebut dilihat dengan semakin banyaknya Madrasah yang mendapatakan akreditasi A.

“Sebelum bermitra dengan USAID PRIROITAS, umumnya Madrasah kita hanya mendapatkan akreditasi C. Tapi sekarang sudah bisa setara dengan sekolah negeri,” tutur Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Utara Tohar Banyoangin, Senin (13/4).

Di hadapan peserta Training of Trainers Praktik Yang Baik Modul II, Tohar Banyoangin mengatakan, USAID PRIORITAS berhasil meningkatkan kapasitas kepala Madrasah, khusunya dalam mengelola Madrasah. Materi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang dikembangkan USIAD PRIORITAS, dinilai efektif menjadikan Madrasah lebih akuntabel, transparan dan partisipatif. Kepala-kepala Madrasah telah menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang lebih baik dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah.
“Saya optimis pendidikan di Madrasah akan lebih baik di masa depan,” tegas Tohar.

Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Agus Marwan mengatakan, Madrasah mitra USAID PRIRORITAS lebih cepat perkembangan positifnya dibandingkan sekolah-sekolah negeri dan swasta. Sejumlah ahli pendidikan dari dalam dan luar negeri yang melakukan penelitian juga mengungkapkan hal yang sama.

“Tim evaluasi dari Amerika Serikat yang beberapa waktu lalu melakukan penelitian di Sumatera Utara, juga menemukan bahwa perkembangan Madrasah jauh lebih mengesankan ketimbang sekolah umum,” terangnya.

Agus Marwan menyebutkan kepemimpinan adalah faktor penting penggerak perubahan di Madrasah. Semua pemangku kepentingan di Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan mutu madrasah. Komitmen ini terus menjalar sampai ke guru, pengawas dan kepala madrasah. Hal ini yang membuat semua pihak mengerjakan tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab.

“Kepemimpinan adalah seni dalam bertindak. Dan kita sudah melihat bagaimana tindakan Pak Kakanwil memimpin Madrasah dalam melakukan perubahan. Kepemimpinan inilah yang membuat Madrasah menjadi unggul,” tambahnya. (wol/data1)
 
Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Langganan Banjir, Ini Komentar Warga Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Menjadi langganan banjir setiap musim hujan tiba, beberapa komentar pun terlontar dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: