Home / Medan / Mulai 1 Mei Warga Medan Didata Serentak
Istimewa

Mulai 1 Mei Warga Medan Didata Serentak

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, diwakili Asisten Kesmasy H Erwin Lubis, mensosialisasikan pendataan keluarga lima tahun sekali di seluruh Kota Medan Tahun 2015.

Dikatakan, kepada para lurah dan camat se Kota Medan, pendataan keluarga ini wajib dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten/Kota secara serentak setiap lima tahun sekali.

“Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data keluarga yang akurat, valid dan dapat dipertanggung jawabkan melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyampaian serta pemanfaatan data dan informasi kependudukan dan keluarga,” ujar Asisten Kesmasy H Erwin Lubis, di Balaikota Medan, Selasa (21/4).

Pelaksanaan pendataan ini dilakukan serentak di Indonesia selama satu bulan dari 1 sampai 31 Mei 2015 dengan cara mengunjungi setiap keluarga dari rumah ke rumah melalui wawancara dan observasi oleh kader pendata yang ada di Kelurahan setempat.

Disebutkan, hasil pendataan keluarga dimaksud dapat digunakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah sebagai dasar penetapan kebijakan. Penyelenggaraan perkembangan kependudukan, pembanguan Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan lainnya, untuk itulah dimintakan kepada para lurah dan camat se Kota Medan agar dapat melaksanakan dan mendukung proses pendataan keluarga.

“Saya minta agar seluruh lurah dan camat mendukung proses pendataan keluarga 2015, di wilayahnya masing-masing sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada. Hal-hal yang berkaitan dengan tehnis pelaksanaan akan diberikan petunjuk oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Kota Medan, “ ujar Erwin Lubis.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara drg Widwiono M Kes mengatakan, pendataan keluaraga ini berdasarkan UU Nomor 54/2009, UU nomor 53/2014, PP nomor 87/2014, Program KKBPK dan RPJM 2015-2019.

Pendataan keluarga ini nantinya dilakukan setiap 5 tahun secara serentak di Indonesia agar BKKBN memiliki data dan alamat. Selain itu juga setiap bulanya dilakukan pencekan data dan setiap tahun dilakukan pemutakhiran data karena dalam satu bulan dan satu tahun saja ada pergeseran data dan pada tahun kelimanya dilakukan cross-cek dengan pendataan yang ada dilapangan.

Menurutnya, pendataan keluarga ini akan mencantumkan nama. Alamat serta kondisi kehidupan keluarga, sehingga nantinya data keluarga ini dapat dipergunakan oleh pemerintah baik dalam hal kebijakan serta oleh Dinas Sosial Medan di dalam memberikan bantuan kepada masyarakat tidak mampu dan badan lainnya yang memiliki kegiatan berbasis kemanusiaan.

“Pendataan keluaraga ini nantinya dilakukan oleh kader pendata dari Kelurahan, mereka diberikan insentif sebesar Rp4.000,- setiap mendata satu Kepala Keluarga (KK), BKKBN Provinsi Sumatera Utara menyiapkan dana sebasar Rp27 M untuk para kader pendata di Kabupaten/Kota se Sumatera Utara. Untuk itu dimintakan kepada lurah dan camat agar dapat memback-up dan mejaga pendataan ini,“ ujar Widwiono.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Kota Medan, Muslim Harahap MSP menjelaskan, pendataan kelurahan secara periodik telah dilaksanakan sejak 1994 berdasarkan UU nomor 10/1992. Sekarang ini dilakukan pendataan keluarga berdasarkan PP nomor 87/2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Menurutnya, data keluarga  Kota Medan ada di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil. Data ini perlu dilakukan pengecekan apakah data di Kartu Keluarga (KK) sudah real dengan data yang ada di lapangan, karena ada warga yang kost, menyewa dan pindah tidak melapor.

“Pemerintah telah mengeluarkan 3 macam kartu untuk warga miskin yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Sejahterah. Dengan adanya pendataan keluarga 2015 ini, ketiga kartu tersebut akan tepat sasaran dan tepat guna, “ ujar Muslim. (data2/wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Panitia TPS Wali Kota Medan Lambat, Warga Kecewa

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah warga keluhkan kinerja Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Tempat Pemungutan Suara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: