Home / Fokus Redaksi / Mujianto DPO Poldasu Sempat Kabur ke Malaysia, Thailand, dan Singapura
WOL Photo/Sastroy Bangun

Mujianto DPO Poldasu Sempat Kabur ke Malaysia, Thailand, dan Singapura

MEDAN, Waspada.co.id – Kepolisian Daerah Sumatera Utara kerjasama dengan Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta, telah berhasil meringkus Mujianto alias Anam dari pelariannya, Senin (23/7) sekitar pukul 07.00 WIB.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian, didampingi Kabid Humas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, dan Kasubdit II Hardatahbang AKBP Edison Sitepu SH, mengatakan sebelum tertangkapnya pengusaha properti yang sudah masuk DPO ini, sempat kabur ke tiga negara, yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand.

“Sebelum tertangkap, tersangka diketahui dari pasportnya sempat mengunjungi Malaysia, Singapura dan Thailand,” ungkapnya saat memberikan paparan penangkapan Mujianto, di Halaman Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Mapolda Sumut, Rabu (25/7).

Andi Rian memaparkan, pada tanggal 7 April 2018, Mujianto kabur dari Jakarta ke Medan, lalu ke Banda Aceh untuk berangkat ke Kuala Lumpur sebelum akhirnya ke Singapura. Selanjutnya pada 19 April 2018 ia diketahui mengunjungi Bangkok dan Chiang Mai di Thailand.

Selanjutnya, pada 14 Juni 2018, Mujianto kembali masuk ke Singapura. Sedangkan tanggal 28 Juni 2018 ia kembali ke Jakarta, hingga akhirnya pada 23 Juli 2018 dicekal oleh Imigrasi Bandara Soekarno Hatta saat akan terbang menuju ke Singapura.

“Tersangka kembali ke Indonesia karena visa. Namun saat kembali, ia tidak ada ke Medan,” jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, mengingat kasus yang menjerat Mujianto sudah P21, Andi Rian menyebutkan, Mujianto dan barang bukti akan diserahkan ke Kejati Sumut, pada Kamis (26/7) pukul 09.00 WIB.

“Mujianto diancam dengan hukuman maksimal 6 tahun. Tersangka kabur karena merasa tidak bertanggungjawab dan tidak merasa bersalah. Selain itu, ia meninggalkan Indonesia karena inisiatifnya sendiri,” pungkasnya.(wol/roy/data2)

Editor: AGUS UTAMA

Check Also

Poldasu Bekuk 7 Penculik, Salah Satunya Oknum Polri

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Subdit III/Umum Unit 3 Ditreskrimum Polda Sumut, meringkus komplotan pelaku penculikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: