Breaking News
Home / Medan / MUI Medan Dukung Pembentukan Perda Makanan Halal dan Higienis
ilustrasi (bbc)
ilustrasi (bbc)

MUI Medan Dukung Pembentukan Perda Makanan Halal dan Higienis

MEDAN, WOL – Sekretaris Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Drs Zulkarnaen Sitanggang MA, mengaku mendukung pembentukan peraturan daerah (Perda) tentang Makanan Halal dan Higienis yang saat ini masih dalam tahap penggodokan di DPRD Medan.

Di mana keberadaan Perda tersebut sangat membantu masyarakat khususnya yang beragama Islam memperoleh makanan sehat dan bersih.

Menjamurnya makanan higienis dan siap saji sangat membanjiri pusat jajanan di Kota Medan. Dengan ini pemerintah di tuntut untuk mengawasi peredaran makanan yang belum berlabel halal dengan Perda tersebut.

Dikatakan, jika dikaji dalam Islam, makanan yang layak yakni tidak tercemar bio kimia, baik itu pada daging maupun makanan lainnya. Sebab makanan yang sudah tercapur bahan kimia, sifatnya membahayakan kesehatan bagi yang memakannya.

“Jika terwujud Perda tadi, maka umat Islam tidak lagi ragu memakan makanan yang sudah berlabel halal dan higienis. MUI tidak bisa memberi sanksi semenan-mena kepada si pelanggar aturan tanpa mengikuti dan mengetahui hasil uji lab MUI. Karena itulah kita sangat mendukung adanya pembahasan Perda Makanan Halal dan Higienis,” ungkapnya kepada Waspada Online, Rabu (15/3).

Lebih lanjut Zulkarnaen menambahkan, sebelum terwujudnya Perda halal tersebut, MUI Kota Medan hanya bisa mengimbau dan menasehati sekaligus memberikan pesan moral kepada pengusaha mikro yang belum memiliki label halal pada produk yang mereka hasilkan.

“Karena belum adanya sanksi itu tadi, jadi belum ada payung hukumnya kalau kita menindak. Sanksinya masih sebatas moralitas si pengusahanya saja,” ujarnya.

Mengenai pembentukan Perda, MUI Kota Medan hanya bertugas membantu menerbitkan sertifikasi produk halal tersebut. Namun saat ini, keterlibatan MUI hanya dalam bentuk kajian dan memberi masukan ke DPRD Medan. Jika Perdanya sudah disahkan, dengan begitu, MUI akan mudah menindak makanan yang tidak berlabel halal dan secara otomatis, umat Islam di Kota Medan terlindungi dari tindakan yang dianggap melanggar aturan dalam agama Islam.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: realmadrid

Zidane Terancam Hukuman Dari RFEF

MADRID, WOL – Zinedine Zidane terancam sanksi menyusul pernyataannya terkait sanksi lima pertandingan yang dijatuhkan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.