Home / Medan / Muhammadiyah, NU, dan Al Washliyah Bangun Komitmen
WOL Photo/Ega Ibra

Muhammadiyah, NU, dan Al Washliyah Bangun Komitmen

MEDAN, WOL – Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan Al Jam’iyatul Washliyah  membangun komitmen bersama bagi kepentingan umat yang lebih luas. Komitmen itu disampaikan masing-masing pimpinan organisasi besar Islam di Sumatera Utara ini pada pengajian bersama di Auditorium Pascasarjana UMSU, Jalan Denai Medan, Minggu (23/10).

Pengajian yang diikuti ratusan peserta dari tiga organisasi Islam itu dibuka oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Dr Abdul Mu’ti. Turut hadir di antaranya Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Dr Hasyimsyah Nasution, Ketua PW NU Sumut Drs H Afifuddin Lubis MSi serta Ketua PW Al Washliyah Sumut Prof Dr Syaiful Akhyar Lubis.

Abdul Mu’ti mengatakan konflik yang terjadi di negara Islam telah menyeret penderitaan yang sangat dalam bagi umat. Indonesia, jelas Abdul, adalah salah satu negara mayoritas Islam tersisa yang masih terbebas dengan konflik dan peperangan. Untuk itu,  Abdul menyambut gembira upaya merajut kebersamaan antara Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan Al-Jamiyatul Washliyah.

“Mengedepankan kebersamaan dan memahami adanya perbedaan sudah menjadi sebuah keharusan bila umat Islam di Indonesia tidak mau terpecah dan porak poranda. Pengajian bersama ketiga Ormas Islam ini adalah sebuah inisiasi tokoh-tokoh ormas Islan terbesar di Sumatera Utara,” katanya.

Drs Afifuddin Lubis menegaskan adanya pemahaman yang sama antara tiga pimpinan ormas Islam di Sumatera Utara untuk merapatkan barisan dan menyusun langkah konkrit membangun dan mengembangkan potensi bersama.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua PW Al Washliyah. Prof Dr Saiful Akhyar Lubis mengajak warga mengakhiri membesar-besarkan perbedaan itu dan sebaliknya membesarkan persamaan di antara mereka. (wol/aa/wsp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Dukung MTQ Nasional, KAI Berikan Promo Ini

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat serta mendukung kegiatan MTQ Nasional XXVII, PT ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: