Home / Fokus Redaksi / Motif Dendam, Ayah dan 2 Anaknya Nekat Bunuh Tetangga
WOL Photo

Motif Dendam, Ayah dan 2 Anaknya Nekat Bunuh Tetangga

MEDAN, WOL – Hanya karena dipicu persoalan sepele, seorang ayah di daerah Serdang Bedagai mengajak dua anaknya yang berusia remaja melakukan aksi pembunuhan. Ketiganya berhasil ditangkap pihak kepolisian dari lokasi persembunyiannya di Riau lima hari setelah kejadian.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Sabtu (20/1), di Mapolda Sumut menyampaikan, ketiga tersangka pembunuhan yang merupakan ayah dan anak tersebut diantaranya adalah Hidayat alias Dayat (47) warga Dusun I Kp Baru Desa Nagur, kecamatan Tanjung Beringin, Sergai, M. Hendra (23) dan M. Kifly (17) yang merupakan anak kandung tersangka Hidayat.

Disebutkan, ketiganya diamankan personel gabungan Jahtanras Polda Sumut dan Sat Reskrim Polres Sergai atas pembunuhan terhadap Edi Susanto alias Ali (41) yang merupakan tetangga tersangka, pada Minggu (14/1) lalu, di Dusun II Desa Nagur Kecamatan Tanjung Baringin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Diungkapkan Paulus, aksi pembunuhan yang dilakukan para tersangka terhadap korban diduga berlatarbelakang dendam dan dipicu persoalan sepele setelah tersangka Hidayat (47) yang mengendarai sepeda motor membonceng istrinya menyenggol korban berjalan kaki saat melintas di salah satu jalan di Dusun II Desa Nagur Kec. Tanjung Baringin, Kab. Serdang Bedagai, Minggu (14/1) lalu.

“Kasus itu bermula ketika tersangka Hidayat yang dalam kondisi mabuk membonceng istrinya mengendarai sepeda motor dan menyenggol korban saat berjalan kaki. Karena peristiwa itu tersangka Hidayat dan korban kemudian terlibat pertengkaran hingga berujung perkelahian,”  ungkap Paulus.

Usai perkelahian di lokasi tersebut, lanjut Paulus, tersangka Hidayat yang tak puas karena merasa kalah dengan korban kemudian pulang ke rumah dan mengajak kedua anakya, M. Hendra (23) dan M. Kifly (17) mencari korban. Ketiganya kemudian merencanakan penyerangan terhadap korban ketika korban berjalan menuju pulang ke rumahnya.

“Jadi tersangka Hidayat sempat pulang ke rumah setelah perkelahian itu. Kemudian karena merasa tak puas dan menyimpan dendam terhadap korban, yang bersangkutan lalu mengajak kedua anaknya mencari korban dan merencanakan untuk menyerang korban,” ujar Paulus.

Selanjutnya, ketiga tersangka lalu menghadang korban di tengah perjalanan pulang bertepatan ketika korban berboncengan dengan temannya, Fadli yang menjadi saksi atas kasus tersebut. Ketiganya kemudian menganiaya korban dan menyerangnya menggunakan pisau hingga merenggang nyawa di dalam parit.

“Setelah peristiwa itu personel gabungam Jahtanras Poldasu dan Reskrim Polres Sergai langsung melakukan penyelidikan. Ketiganya lalu berhasil diamankan dalam serangkaian upaya penangkapan di tempat persembunyian ketiganya di Lubuk Panjang, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai, Riau, Jumat (19/1) malam, bersama sejumlah barang bukti yang berkaitan dengan aksi pembunuhan tersebut,” jelas Paulus.

Paulus menambahkan, pihak kepolisian hingga saat ini masih mendalami lebih jauh kasus tersebut dan memburu satu tersangka lain berinisial AAM, yang merupakan keponakan tersangka Hidayat yang diduga turut terlibat.

“Para tersangka yang ditangkap diancam Pasal 340 subs Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara,” pungkasnya.(wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Waspada! Gunung Anak Krakatau Meletus 407 Kali Dalam Sehari

JAKARTA, Waspada.co.id – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung mengalami 407 kali kegempaan letusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: