Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Merayakan Imlek Dengan Tradisi Minum Teh
WOL Photo/eko kurniawan
WOL Photo/eko kurniawan

Merayakan Imlek Dengan Tradisi Minum Teh

MEDAN,WOL – Kumpul dengan keluarga besar menjadi salah satu agenda pada Perayaan Hari Raya Imlek di Tahun Ayam Api. Setelah sembahyang di vihara, biasanya warga Tionghoa langsung pergi ke rumah orang tua dan berkumpul.

Salah satunya keluarga besar Bambang Budi Hartono atau sering dikenal dengan koko Chen Fuk Khun, merayakan Hari Raya Imlek berkumpul bersama tujuh anak dan cucu di kediamannya Jalan Thamrin Medan, Sabtu (28/1).

Keluarga Chen Fen Khun setiap perayaan Imlek selalu melakukan tradisi minum teh. Tradisi ini dilakukan dengan memberikan sulangan secangkir teh kepada orang tua, yaitu ayah dan ibu yang dilakukan anak-anaknya sebagai simbol memohon maaf apabila ada kesalahan-kesalahan yang diperbuat.

Dimana selain tradisi minum teh, seluruh keluarga Chen Fuk Khun juga melakukan ritual dengan mandi bunga 7 warna pada sore hari sebelum melakukan ritual sembahyang. Mandi bersih ini dilakukan oleh warga Tionghoa sebagai simbol membersihkan diri dari dosa-dosa.

“Imlek tahun ini sangat berkah buat keluarga saya, karena semua anak dan cucu dapat berkumpul, mulai dari yang tinggalnya di luar kota datang ke Medan mulai yang di Aceh, Jakarta dan paling jauh di Papua Manokwari,” terang Toni (Chen Wen Fa) anak bungsu dari Chen Fuk Khun.

“Biasanya kalau Imlek kita pasti melakukan sembahyang setelah itu baru kita kumpul di rumah. Dan di keluarga kami selalu ada namanya tradisi minum teh, itu dilakukan sebagai bentuk permintaan maaf anak kepada orang tua. Dan kita tidak pernah meninggalkan tradisi itu, karena merupakan warisan leluhur,” ungkapnya.

Ditambahkan, harapanya di tahun Ayam Api ini, bisa menjadi lebih baik lagi dan mendapatkan keberkahan dari Tuhan. Menurutnya sebagai keturunan Tionghoa, tahun ini harus lebih sigap lagi terutama dalam segi menjalankan usaha dan bekerja, tidak boleh malas-malas.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: billboard

Ed Sheeran Sampaikan Maaf pada Fans Indonesia

JAKARTA, WOL – Gagal berkunjung dan konser di Indonesia, Ed Sheeran rupanya tidak diam saja. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.