_
Home / Medan / Menkeu Sri Mulyani Tinjau Penyaluran Kredit UMi di Belawan
Foto: Sri Mulyani (Instagram)

Menkeu Sri Mulyani Tinjau Penyaluran Kredit UMi di Belawan

MEDAN, WOL – Setelah uji coba program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) pada tahun 2017,  perkembangan penyaluran UMi di Provinsi Sumatera Utara sampai dengan hari ini sudah dimanfaatkan oleh 33.490 debitur. Para debitur tersebut tersebar di beberapa kota dan kabupaten oleh PT PNM (Persero) dan PT Pegadaian (Persero).

Untuk memantau penyaluran kredit UMi, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Belawan, Medan, hari ini Selasa (16/01).

“Menkeu akan meninjau dan melihat  langsung penyaluran kredit UMi dan proyek strategis infrastruktur di Sumut,” ujar Plt Dirut Pusat Investasi Pemerintah Kemenkeu Syahrir Ika pada acara Konferensi Pers yang difasilitasi Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu.

Hadir Kabag Manajemen Hubungan Media, Kelembagaan Masyarakat dan Protokol, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Agung Ardhianto dan mewakili Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumut, Monica.

Kunjungan Menteri Keuangan ke nasabah UMi di Belawan menurut Syahrir Ika adalah untuk mendorong pembiayaan UMi pada sektor perikanan karena sektor ini sangat sulit dijangkau oleh pembiayaan perbankan.

Pada tahun 2018, Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,5 triliun untuk memperluas pembiayaan hingga mencapai paling sedikit 800.000 nasabah UMi. Dengan begitu, jumlah dana yang dialokasikan untuk kredit UMi sudah mencapai total Rp4 triliyun. Dengan dana tersebut, diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dan swasta untuk bekerja sama dengan PIP sehingga jangkauan pembiayaan UMKM lebih luas lagi.

Dijelaskan Syahrir, untuk Sumut baru dua lembaga yang ditetapkan sebagai penyalur kredit yaitu Pegadaian dan PNM yang menyalurkan kepada 33.490 nasabah di Sumut.

“Jumlah nasabah di Sumut sebanyak 33.490  atau 9 persen dari total nasabah se Indonesia. Kita berharap jumlahnya semakin banyak  ke depannya.” Ujar Syahrir. Dia juga menyebutkan pihaknya mengundang koperasi-koperasi besar untuk bisa ikut serta menyalurkan UMi. “Untuk bisa ikut menyalurkan pembiayaan tentunya ada proses seleksi,” tukasnya.(wol/rdn)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

Masyarakat Diimbau Jangan Melakukan Parodi “Siap Presiden”

MEDAN, Waspada.co.id – Juru Bicara Tim Kampaye Daerah (TKD) Sumatera Utara, Sutrisno Pengaribuan, mengungkapkan selama ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.